Disadari atau tidak, media sosial sudah berhasil mengubah paradigma kita dalam berkomunikasi, berinteraksi sampai kegiatan berbisnis. Seiring dengan hal tersebut, social media campaign muncul sebagai salah satu cara pemasaran yang terbukti lebih efektif dan juga efisien. 

Namun agar hasilnya bisa lebih memuaskan dan sesuai dengan apa yang diharapkan, tentunya harus dilakukan dengan perencanaan yang penuh. Artikel ini akan mencoba membahas tentang bagaimana memulai strategi kampanye media sosial ini, yang sudah terbukti jitu dan membuahkan hasil. 

Memulai Kampanye Media Sosial yang Jitu

Berikut adalah panduan tentang bagaimana cara membuat social media campaign yang sudah terbukti jitu dan ampuh.  

  1. Lakukan Riset Pasar

Langkah pertama, lakukan riset terhadap kondisi pasar saat ini dengan melakukan segmentasi target konsumen bisnis Anda. Lakukan demografi seperti kemampuan finansial, batasan usia, gender, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pahami siapa yang mau Anda sasar, dan kenali lebih dalam tentang segala tentang mereka. Baik itu dari kendala yang sering mereka hadapi, produk seperti apa yang benar-benar diperlukan, dan lain sebagainya. 

  1. Analisa Kompetitor Bisnis Anda

Setelah melakukan segmentasi pasar, Anda juga perlu memperhatikan gerak-gerak dari kompetitor, yang ranah bisnisnya sama dengan Anda. Setidaknya hal ini bisa menjadi landasan agar Anda tetap bisa bergerak, dan tidak stay dalam zona nyaman. 

Mengingat pergerakan bisnis ini tidak selalu berjalan statis, maka diperlukannya sebuah gerakan atau inovasi terbaru dalam menerapkan strategi pemasarannya. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang sudah Anda dapatkan sejauh ini. 

  1. Optimalkan Penggunaan Akun Media Sosial Perusahaan

Optimalkan akun media sosial perusahaan atau bisnis Anda dengan baik, agar bisa menarik atensi dari para calon target audiens. Rutin lakukan postingan di setiap harinya dan lakukan dengan terjadwal dan ter-sistematisasi dengan baik. 

Dengan rutinnya postingan yang bertebaran di akun media sosial perusahaan, setidaknya Anda jadi bisa mengetahui bagaimana sajakah respon para target audiens, seberapa besar tingkat konversi yang terjadi, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  1. Pembuatan Konten yang Berkualitas

Tidak hanya harus rajin posting saja, Anda juga mesti dan wajib membuat konten yang berkualitas, agar bisa lebih mudah dalam menarik atensi dari para target audiens. 

Selain harus menggunakan desain grafis yang baik, konten yang berkualitas juga setidaknya harus memenuhi unsur 3C dalam pesan marketing, meliputi diantaranya Communicative, Compelling, serta Consistent. 

  1. Menjalin Kerjasama Dengan Influencer

Dengan tujuan agar bisa meraih area pasar yang lebih luas, Anda bisa memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan para influencer ternama. Namun tentunya, diharuskan Anda bisa selektif lagi dengan memilih influncernya, karena mereka secara tidak langsung akan menjadi wajah dari brand Anda. 

Dengan memilih influencer yang tepat, selain bisa meningkatkan view terhadap brand Anda, juga akan sangat membantu dalam menaikan jumlah pengikut akun media sosial perusahaan atau bisnis Anda. 

Itulah sedikit saja ulasan dari kami, tentang bagaimana cara memulai menjalankan strategi pemasaran social media campaign, yang sudah terbukti jitu dan ampuh. Namun bila dirasa sumber daya internal perusahaan Anda tidak ada yang bisa meng-handle hal ini, maka bisa serahkan saja sama ahlinya yakni IDEOWORKS. 

Yang mana IDEOWORKS sendiri merupakan salah satu digital agency terbaik saat ini, dan sudah sangat berpengalaman dalam ranah digital marketing. Berdiri sejak tahun 2013, sudah banyak klien mereka yang sudah terpuaskan akan bentuk kerjasamanya. 

Untuk mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara memulai kerjasama dengan mereka, Anda bisa kunjungi saja website resminya mereka sekarang juga!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours