Apakah mata Anda pernah terlihat merah dan terasa sedikit perih? Hal tersebut mungkin terjadi karena Anda mengalami mata iritasi. Iritasi pada mata sebenarnya merupakan hal yang umum dan biasa terjadi. Bahkan sering sembuh jika Anda mengistirahatkan mata beberapa saat. Namun agar cepat sembuh, Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini!

5 Cara Mengobati Mata Iritasi yang Bisa Anda Coba

Langsung saja, berikut ini cara mengobatinya yang bisa Anda lakukan:

1. Kompres Mata

Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu mengompres mata menggunakan air dingin dan hangat. Jadi, Anda perlu menyiapkan dua wadah berisi air dingin dan hangat. Kemudian gunakan kain untuk mengompres secara bergantian. Sebelum berganti air, diamkan sejenak hingga area yang basah menjadi kering.

2. Air Mata Buatan

Mata yang iritasi dan memerah membutuhkan pelumas untuk menjaga tetap bersih dan tidak semakin iritasi. Air mata buatan atau artificial tears membantu mencegah mata kekeringan dengan menjadi pelumas. Biasanya, kondisi air mata buatan yang dingin lebih nyaman saat dipakai. 

3. Tetes Mata

Tetes mata selalu menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi masalah mata ringan seperti iritasi. Cari tetes mata yang jenisnya antihistamin karena baik untuk mata merah, iritasi, dan alergi. Pastikan menggunakan tetes mata sesuai dosis atau anjuran dokter. 

4. Istirahatkan Mata

Cara terbaik mengatasi mata yang iritasi tentu saja adalah mengistirahatkan mata. Untuk sementara waktu, Anda harus menghindari tatapan komputer atau gadget. Jika bekerja di depan layar, Anda harus sering-sering mengedipkan mata dan melihat ke jarak jauh.

5. Jangan Menggaruk Mata

Mata yang iritasi biasanya terasa gatal dan tidak nyaman. Namun, Anda tidak boleh menggaruk ataupun mengucek mata. Termasuk setelah memakai tetes mata. Anda bisa mencari tetes mata dengan sensasi dingin untuk meningkatkan kenyamanan. 

Itulah informasi mengenai cara mengobati mata iritasi. Jika mencari tetes mata, maka Anda harus mencari tetes mata dengan kandungan zat kimia ringan. Selain itu, cari yang kemasannya praktis sehingga bisa dibawa ke mana saja. Insto merupakan salah satu tetes mata yang selalu menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours