Keratoconjunctivitis sicca atau mata kering merupakan sebuah kondisi medis dimana organ penglihatan sudah mengalami penurunan produksi air mata, serta buruknya kualitas air mata yang dihasilkan. 

Gejala mata yang kering ini, biasanya dapat dikenali dengan kondisi mata yang menjadi kemerahan, terasa lelah, gatal, penglihatan yang kabur, serta sensasi terasa ada benda asing yang masuk kedalam mata. 

Cara Mengatasi Mata yang Kering 

Meski bukan masalah yang serius, nyatanya mata kering ini akan sangat mengganggu serta mengurangi kenyaman selama menjalani aktivitas. Berikut ada beberapa cara mengatasi permasalahan ini, yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 

  • Kompres Hangat 

Mengompres mata dengan kain hangat, sejatinya dapat membantu mengurangi ketegangan pada kelenjar minyak di kelopak mata, serta meredakan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. 

  • Menggunakan Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes mata seperti dari Insto, adalah cara yang paling umum untuk mengatasi permasalahan mata yang kering. Yang dimana obat tetes mata ini, akan secara otomatis memberikan serta menjaga kelembaban pada mata Anda. 

  • Kurangi Menatap Layar

Meski kehidupan Anda tidak akan pernah terlepas dari yang namanya layar gadget atau komputer, sebaiknya kurangi durasi menatap layar tersebut dengan memberi jeda waktu sebentar. Usahakan berkedip dengan lebih sering, dan istirahat sebentar sebelum mau melanjutkan rutinitas Anda tersebut. 

  • Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Air merupakan salah satu komponen penting bagi proses produksi cairan pada mata. Dengan begitu, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh di setiap harinya, dengan cara meminum air putih secara rutin. 

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mendukung kesehatan mata, Anda bisa rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti yang mengandung vitamin A dan asam lemak omega-3. Ini meliputi ikan salmon, wortel, bayam, dan kacang-kacangan. 

Beberapa penanganan mata kering diatas, tentunya akan tidak sama hasilnya untuk dilakukan oleh semua orang. Akan memerlukan banyak waktu serta percobaan, untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk bisa Anda lakukan. 

Bilamana kondisinya sudah tidak tertolong lagi, maka berkonsultasi dengan dokter adalah langkah penting yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan saran yang lebih tepat. 

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours