Kitchen sink atau wastafel cuci piring memiliki ukuran yang beragam. Anda bisa menemukan ukuran kitchen sink mulai dari kecil sampai dengan besar. Namun, Anda tidak boleh asal-asalan saat memilih ukuran. Pastikan ukurannya ideal dan tepat sehingga membuat dapur Anda terasa semakin nyaman. Simak artikel ini untuk mengetahui cara memilih ukurannya!

Cara Memilih Ukuran Kitchen Sink yang Tepat

Berikut ini adalah cara memilih ukuran dari wastafel dapur yang perlu Anda pahami:

1. Cari Tahu Ukuran Standar Wastafel

Sebelum memilih ukuran kitchen sink, Anda perlu mengetahui ukuran standarnya. Pada umumnya, wastafel cuci piring memiliki ukuran antara 60 cm sampai dengan 65 cm. Sementara lebarnya bermacam-macam, berikut ukuran standarnya:

  • Single sink dengan ukuran lebar 80 cm.
  • Double sinks dengan ukuran standar 120 cm.
  • Triple sinks dengan ukuran standar 150 cm.
  • Wastafel super kecil yang ukurannya antara 20-35 cm.

2. Pertimbangkan Kedalaman Wastafel

Selain memperhatikan ukuran panjang dan lebar, Anda juga perlu mengetahui kedalamannya. Kedalaman dari kitchen sink yaitu 20-25 cm. Sesuaikan tingkat kedalamannya dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda sering mencuci peralatan dapur besar seperti panci, maka pilih wastafel yang lebih dalam misalnya 25 cm.

3. Pertimbangkan Ketinggian Wastafel

Ketinggian wastafel ini mengacu pada bagaimana cara Anda memasangnya. Pastikan ketinggiannya cocok dengan Anda agar tidak membungkuk atau berjinjit saat mencuci peralatan dapur. Pada umumnya, wastafel cuci piring di Indonesia memiliki ketinggian yang ideal yaitu 80 cm. Selain itu, sesuaikan ketinggian wastafel dengan kabinet dapur Anda.

4. Pilih Material yang Berkualitas

Terakhir, Anda tidak boleh melewatkan material yang digunakan pada kitchen sink yang akan dibeli. Meskipun tidak terlalu mempengaruhi ukuran, namun material mempengaruhi daya tahan dan kenyamanan saat memakainya. Material terbaik untuk kitchen sink saat ini yaitu stainless steel, granit, dan marmer. Selain tahan lama, ketiganya juga mampu meningkatkan nilai estetika dapur Anda. Itulah pembahasan mengenai cara memilih ukuran kitchen sink yang tepat dan ideal. Sudah menentukan ukuran yang tepat? Brand Kohler menawarkan wastafel dapur dengan ukuran yang lengkap. Ada wastafel dengan satu bak sampai dua bak. Lihat semua produk dari Kohler di website resmi!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours