Ingin cetak poster untuk sebuah acara dan promosi, sebaiknya Anda harus mengetahui ukuran poster di snapy yang akan digunakan. Dengan begitu Anda tidak akan salah ketika memesan poster di percetakan. Oleh sebab itu, ketahuilah ukurannya berikut ini sebelum mencetaknya.

Poster memiliki berbagai ukuran dan kegunaan. Ukuran poster harus disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga dapat menggunakan media poster untuk mempromosikan bisnis. Langkah awal untuk membuat poster adalah menentukan topik dan tema apa yang ingin Anda buat. Dengan begitu, informasi yang diberikan melalui poster sampai ke pembaca.

ukuran poster
ukuran poster

Tentukan ukuran untuk poster yang akan digunakan, jangan sampai salah memilih ukuran. Poster memiliki beragam ukuran, seperti ukuran untuk poster A1 (59,4 x 84,1 Cm), A2 (42 x 59,4 Cm), A3 (42 x 29,7 Cm), dan ukuran premium B2 (50 x 70 Cm). Ukuran untuk poster premium ini dicetak dengan resolusi tinggi dan menggunakan tinta berkualitas, sehingga hasilnya lebih cerah dan jelas.

Pada poster premium, dilakukan pencetakan dengan kualitas Hi-Res Full Color 1 sisi. Ukuran Poster, sebenarnya tidak ada ukuran poster yang pasti. Ukuranya sendiri tercipta sesuai dengan kebutuhan dunia promosi. Mulai yang kecil, hingga yang besar semua itu tergantung dengan penempatan letak poster agar dapat dilihat orang-orang.

Poster sendiri banyak jenisnya, mulai poster bioskop, poster edukasi, poster promosi , dan banyak lainnya sesuai dengan kebutuhan poster sendiri. Berikut Standar Ukuran untuk membuat Poster di dunia yang bisa dipakai :

Ukuran Besar : 61 cm x 91 cm

Ukuran Medium : 46 cm x 61 cm

Ukuran Kecil : 28 cm x 43 cm

Ukuran A4 : 21 cm x 29.7 cm

Ada lagi ukuran yang lainnya, seperti Poster Bioskop memiliki standar ukurannya sendiri. Ukuran untuk Poster Bioskop ada dua macam yaitu :

Ukuran untuk Poster Bus Stop : 101.6 cm x 152.4 cm

Ukuran untuk Poster One Sheet : 68.6 cm x 101.6 cm

Selain itu, Anda harus memperhatikan desain yang ingin digunakan. Pilihlah desain yang menarik dan informatif agar dapat mencuri perhatian pembaca. Dengan begitu, apa yang ingin disampaikan kepada pembaca dapat tersampaikan secara langsung. Selain desain, pemilihan background pada poster juga diperlukan.

Buatlah background yang tidak terlalu gelap agar tulisan pada poster mudah dibaca, kemudian jangan membuat background berwarna sama dengan huruf atau angka pada poster yang dibuat. Pembuatan poster juga harus mempertimbangkan sasaran yang ingin dituju, misalnya ingin membuat poster untuk anak-anak.

Gunakanlah poster dengan desain gambar yang anak-anak sukai dan persingkat tulisan, karena anak-anak akan lebih fokus melihat gambar bukan tulisan. Lain halnya dengan remaja dan orang dewasa, mereka dapat membaca tulisan dan gambar yang pertama kali dilihatnya.

Dengan begitu mereka akan menangkap kedua lainnya yaitu tulisan dan gambar. Khusus untuk anak-anak, gambarlah yang bercerita bukan tulisan, melalui gambar mereka akan mudah memahami maksud informasi tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum mencetak poster. Jika Anda ingin membuat poster yang dapat mencetak sesuai desain dan dengan mudah plus cepat, langsung saja melakukan cetak online di Uprint.id. Hanya satu langkah, Anda sudah dapat mencetak poster apa saja yang diinginkan.