bermain sambil belajar
bermain sambil belajar

Dunia anak-anak memang identik dengan dunia bermain. Terutama bagi anak-anak usia prasekolah atau anak-anak yang berusia 1-6 tahun maka di usia ini bermain merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Namun sebagai orangtua, sebaiknya anda juga mendampingi buah hati untuk bermain sambil belajar dengan cara yang seru dan tidak membuat anak-anak bosan.

Usia anak-anak memang mungkin akan membuat mereka enggan untuk belajar dan lebih memilih bermain. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar anak mau belajar yaitu dengan mengajaknya bermain sambil belajar. Dalam hal ini anda bisa menjadikan bermain sebagai sarana belajar yang menyenangkan untuk anak usia prasekolah.

Pentingnya Bermain Sambil Belajar Sama Anak

bermain sambil belajar
bermain sambil belajar

Dengan mengajak anak bermain sambil belajar maka secara tidak langsung anda sedang menstimulasi otak buah hati supaya bisa menangkap berbagai jenis informasi. Dengan begitu otak si kecil bisa merekam informasi tersebut ke dalam ingatan yang akan terus tersimpan hingga ia dewasa. Pastikan stimulus yang anda berikan adalah pengalaman yang menyenangkan sesuai dengan masa tumbuh kembang si kecil.

Bagi anda yang selama ini masih kesulitan mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain maka Nestle memiliki beberapa trik yang bisa anda terapkan. Berikut akan dijelaskan trik asik bermain bersamaan dengan belajar yang perlu anda ketahui.

1. Ajaklah buah hati anda untuk mengunjungi kebun binatang. Di tempat ini si kecil bisa bermain sekaligus belajar mengenai jenis-jenis binatang, ciri-ciri binatang, jenis makanannya dan lain-lain.

Di tempat ini si kecil bisa bermain sekaligus belajar mengenai jenis-jenis binatang, ciri-ciri binatang, jenis makanannya dan lain-lain.

2. Ajaklah buah hati anda bermain ular tangga sambil mengajarkan anak tentang penjumlahan atau menghitung titik mata dadu. Selain itu anda bisa mengajarkan si kecil mengenal bentuk-bentuk angka dari angka yang tertulis di papan dan lain sebagainya.

3. Seiring dengan kemajuan teknologi maka anda bisa menggunakan gadget sebagai media bermain sekaligus belajar untuk anak. Melalui gadget tersebut anda bisa mengunduh berbagai aplikasi permainan yang seru sambil bermain.

Melalui aplikasi tersebut anda bisa mengajarkan anak tentang warna, bentuk angka, macam-macam lagu, aneka kendaraan dan lain-lain. Gadget memiliki visualisasi yang tidak membosankan tetapi pastikan anda terus mengawasi dan menemani buah hati saat bermain dan belajar melalui gadget.

4. Ajak buah hati mewarnai gambar-gambar yang ia sukai sambil anda dampingi. Melalui cara ini anda bisa mempunyai ruang kreativitas yang lebih bagus dibandingkan menghafal.

Demikianlah beberapa trik bermain sekaligus belajar  untuk anak usia prasekolah. Untuk informasi lebih lanjut seputar bermain sekaligus belajar untuk anak maka anda bisa mengunjungi website resmi Nestle.