Perhiasan Mutiara
Perhiasan Mutiara

Perhiasan merupakan salah satu aksesoris berharga. Tidak hanya disukai oleh perempuan, beberapa kalangan laki-laki pun suka menggunakannya. Salah satu dari sekian banyak jenis perhiasan berkualitas adalah perhiasan mutiara. Jenis perhiasan ini sangat disukai sekali oleh setiap kalangan.

Namun, sebelum Anda membelinya, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Agar tidak salah membeli, yuk, simak tipsnya berikut ini:

1.  Mengenal Tipe-Tipe Mutiara

Di pasaran, ada banyak sekali tipe-tipe mutiara dengan kualitas yang berbeda-beda. Nah, silahkan Anda ketahui terlebih dahulu tipe-tipenya sebelum membeli. Hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Perhiasan Mutiara
Perhiasan Mutiara

Salah satu tipe atau jenis yang paling populer adalah mutiara akoya. Perhiasan yang satu ini, merupakan hasil dari produsen Jepang dan Cina. Ukurannya kecil, warnanya putih, krem, perak, hingga berwarna pink mawar.

Selain itu, ada juga jenis Mutiara tahiti. Warna dari jenis mutiara ini yaitu hitam. Ukurannya besar, langka, dan sangat berharga. Selain itu, masih ada jenis-jenis lain yang bisa dipilih. Silahkan Anda sesuaikan sendiri dengan keinginan dan selera.

2.  Perhatikan Logam Perhiasan

Selain jenis dan kualitas mutiara, perhatikan juga jenis logam yang digunakan untuk perhiasan. Logam yang dimaksud di sini yaitu emas. Semakin bagus kualitas emasnya, tentu perhiasannya pun akan semakin bernilai tinggi. Selain itu, logam yang digunakannya pun akan meningkatkan nilai investasi.

Jenis emas yang biasa digunakan seperti emas kuning, putih, hingga platinum. Terkait jenis logam, silahkan Anda pilih sesuai budget dan juga selera masing-masing, ya.

3.  Semakin Mahal Mutiaranya Semakin Bagus Kualitasnya

Dalam penilaian sebuah perhiasan jenis mutiara, biasanya diukur dengan nilai AAA. Semakin banyak “A” pada penilaiannya, maka kualitasnya pun semakin bagus dan langka. Semakin tinggi kualitasnya, maka akan semakin tinggi harganya.

Terkait mahal maupun tidak, semua tergantung dari customer. Namun, meskipun mutiara kelas AAA bernilai tinggi, bukan berarti nilai A menunjukkan kualitas mutiara rendah. Apapun kelasnya, mutiara tetap berharga dan merupakan salah satu perhiasan terbaik.

Jika Anda belum mampu membeli kualitas yang tinggi, kualitas standar pun bisa menjadi pilihan.

4.  Bulatan Mutiara Tidak Menunjukkan Kesempurnaan

Sebagai informasi, kualitas berlian tidak dinilai. Sebagian orang bahkan menganggap, bahwa semakin bagus bentuk bulat mutiara, maka semakin sempurna kualitasnya. Padahal, anggapan tersebut sangat salah sekali.

Ada beberapa bentuk mutiara yang indah tidak memiliki bulatan sempurna. Misalnya seperti bentuk ovoid yang hampir bisa ditemukan di berbagai jenis mutiara di seluruh dunia. Begitu juga bentuk lainnya seperti Button.

Bentuk mutiara juga ada yang tidak beraturan. Jenis mutiara dengan bentuk seperti ini, bisa ditemukan di air tawar, air laut selatan, dan Tahiti.

5.  Memilih Mutiara dengan Jenis Warna Kulit

Agar mutiara tampak cantik ketika digunakan, pastikan Anda memilih jenis yang cocok dengan warna kulit Anda. Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki jenis warna kulit yang berbeda-beda. Jika memilih mutiara yang tepat, maka perhiasan akan jauh lebih cantik ketika digunakan.

Untuk Anda yang memiliki kulit jenis fair skin tone, sebaiknya pilihlah jenis warna putih, krem, pink, peach, dan gading. Jika kulit Anda gelap, sebaiknya memilih jenis mutiara emas. Sementara itu, untuk kulit zaitun, bisa memilih jenis mutiara dengan nuansa kontras dan perak.

Nah, itulah beberapa tips penting untuk Anda yang saat ini sedang bingung memilih jenis perhiasan mutiara. Berencana membeli perhiasan? Percayakan saja hanya kepada The Palace. Brand perhiasan ini sudah dikenal sejak lama. Ada banyak jenis perhiasan terbaik yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.