Investasi Reksa Dana
Investasi Reksa Dana

Dalam keuangan masa depan kamu tidak perlu kawatir, karena sekarang ini sudah ada Investasi Reksa Dana Manulife yang dapat ditempuh untuk menjamin kestabilan keuangan Kamu di masa tua. Tunjangan pensiun pasti akan menjadi salah satu sumber keuangan yang pasti. Tetapi selain dari itu, Kamu dapat juga melakukan investasi. 

Untuk berhasil dalam melakukan investasi, setidaknya Kamu harus memiliki pengalaman dan paham tentang seluk beluk jenis investasi itu. Kini dengan adanya Reksa Dana, investasi Kamu inginkan dapat dikelola oleh manajer. Kamu pasti akan merasa lebih aman dengan keputusan yang dibuat oleh manajer investasi tersebut. Berikut penjelasan tentang Reksa Dana dan caranya menguntungkan.

Investasi Reksa Dana
Investasi Reksa Dana

Tentukan Tujuan Investasi

Bagi Kamu memulai menginjak dunia investasi, tentukanlah terlebih dahulu tujuan dari investasi Reksa Dana. Jika Kamu tidak mengetahui tujuan yang pasti, maka akan ada kemungkinan dimana Kamu akan merugi ketika Kamu ingin mencairkan Unit Penyertaannya.

Tentukan Jangka Waktu

Setelah menentukan tujuan maka sudah saatnya Kamu menentukan jangka waktu yang Kamu butuhkan. Tergantung dari jenis produk Reksa Dana, Dari masing-masing memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan masing-masing produk Reksa Dana memiliki ketentuan instrumen keuangan mana yang akan diinvestasikan oleh manajer investasi.

Kenali Jenis-Jenis

Ada banyak pilihan investasi yang tersedia di pasarannya, diantaranya adalah Reksa Dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham, index, dollar, syariah, terproteksi dan penyertaan terbatas. Namun Reksa Dana yang paling populer adalah Reksa Dana dari Manulife berikut:

  • Reksa Dana pasar uang
  • Reksa Dana pendapatan tetap
  • Reksa Dana campuran
  • Reksa Dana saham

Pastikan Memiliki Izin

Berhubung banyaknya jumlah agen di masyarakat dan berkembang jumlah permintaan pada investasi, ada kemungkinan manajer tersebut tidak memiliki izin yang resmi. Reksa Dana merupakan investasi legal dengan izin dari Otoritas jasa Keuangan (OJK). Maka pastikan Kamu memilih manajer investasi yang memiliki izin legal dari OJK agar menghindari penipuan.

Pahami Prospektus

Di dalam prospektus Reksa Dana, tersedia banyak informasi yang tidak boleh Kamu lewatkan. Jika Kamu ingin memulai Reksa Dana, jangan pikir prospektus membosankan atau dapat melewatkan nya begitu saja. 

Karena di dalam prospeltus Kamu dapat mempelajari secara seksama tentang tujuan dan kebijakannya, kinerja Reksa Dana, strategi investasi, biaya yang ditagihkan, informasi bagi investor dan profil finansial dari Reksa Dana.