tanda mau melahirkan

Apakah Anda sudah memasuki bulan mau melahirkan? Yuk, kenali terlebih dahulu apa saja tanda mau melahirkan. Selain itu, ketahui juga beberapa hal penting terkait persiapan yang harus dicatat. Tujuannya agar proses persalinan Anda bisa dipersiapkan secara matang dan sesuai dengan harapan.

Ciri-Ciri Mau Melahirkan

tanda mau melahirkan
Tanda mau melahirkan

Pertama-tama, mari kita kenali apa saja ciri atau tanda-tandanya terlebih dahulu. Pada dasarnya, ada banyak tanda ibu hamil akan segera melahirkan. Namun, kami akan merangkum apa saja yang paling mendasar.

1.  Posisi Bayi Berubah

Umumnya, 1 hingga 4 minggu sebelum persalinan, ibu hamil akan merasakan adanya perubahan pada posisi bayi. Bahkan, tanda-tanda ini bisa begitu terasa beberapa jam sebelum melahirkan.

2.  Leher Rahim Terbuka

Berikutnya, ibu hamil akan merasa leher rahim mulai melebar dan menipis. Kondisi ini akan dirasakan ketika tubuh tengah mempersiapkan kelahiran bayi. Ciri-ciri ini umumnya muncul beberapa minggu atau hari sebelum persalinan. Terbukanya rahim merupakan tanda-tanda awal persalinan awal.

3.  Kram di Bagian Perut dan Nyeri di Bagian Punggung

Menjelang persalinan, ibu hamil akan merasakan tekanan di daerah panggul dan dubur. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan tidak akan lama lagi ibu hamil akan segera melahirkan. Selain itu, ibu hamil juga akan mengeluhkan nyeri pada bagian punggung bawah, dan area paha.

4.  Keluarnya Lendir Seperti Keputihan

Cairan dari vagina bisa menjadi salah satu tanda bahwa ibu akan segera melahirkan. Cairan ini sangat mirip sekali dengan keputihan namun teksturnya lebih kental. Menurut para ahli dari American Pregnancy Association, pada masa kehamilan, biasanya terjadi sumbatan lendir yang menumpuk.

Nah, setelah serviks mulai menipis, lalu terbuka, sumbatan lendir tersebut keluar. Itulah yang disebut cairan yang mirip dengan keputihan.

5.  Timbul Kontraksi

Kontraksi yang muncul pada saat menjelang mau melahirkan sedikit berbeda. Kontraksi sebagai tanda awal bersalin akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain itu, kontraksi ini juga mengakibatkan rasa sakit di perut bagian bawah dan punggung.

6.  Pecah Air Ketuban

Nah, jika sudah pecah air ketuban, maka tidak akan lama lagi ibu hamil akan melahirkan. Bidan atau dokter kandungan akan segera memproses persalinan jika tanda ini sudah muncul. Jadi, jika ibu hamil sudah dalam kondisi ini, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit atau rumah bersalin.

Persiapan Mau Melahirkan

Selain mengenali tanda-tandanya, ketahui juga hal apa saja yang harus dipersiapkan. Terutama, jika jauh-jauh hari tanda-tanda tersebut sudah Anda ketahui. Nah, berikut apa saja persiapan yang harus Anda ketahui agar proses persalinan berjalan lancar.

  1. Konsumsilah berbagai macam jenis makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Misalnya seperti makanan dengan kandungan protein, lemak, mineral, vitamin, dan karbohidrat.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan rempah-rempah, tinggi minyak, nanas, dan pepaya secara berlebihan.
  3. Jangan meminum obat tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  4. Mengurangi asupan makanan cepat saji.
  5. Pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi. Minumlah air mineral setiap hari secara rutin dalam jumlah yang ideal. Anda juga bisa meminum air kelapa di pagi hari sesudah sarapan.
  6. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan kurma yang memiliki manfaat untuk masa kehamilan. Anda bisa mengkonsumsinya selama kehamilan.
  7. Jangan duduk secara tiba-tiba dan juga jangan berjalan terlalu cepat.
  8. Ibu hamil tidak boleh terlalu sering melakukan aktivitas yang memakan tenaga.

Nah, itulah tanda mau melahirkan, lengkap dengan persiapan agar proses persalinan sesuai harapan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda seputar masalah kehamilan dan persalinan.