tumbuh kembang anak 1 tahun
tumbuh kembang anak 1 tahun

Ketika si kecil memasuki usia 1 tahun, si kecil sudah mulai belajar berjalan dan berjalan sendiri. Pada usia 1 tahun ke atas merupakan fase emas si kecil, dan perkembangan si kecil mulai terlihat pesat. Bukan hanya berupa si kecil mulai berjalan, namun si kecil juga mulai berbicara dan mengingat dan perhatian terhadap lingkungan sekitarnya. Pada usia ini si kecil sudah memasuki masa batita dan balita. Berikut ini beberapa tahapan tumbuh kembang anak 1 tahun yang perlu Mam dan Pap ketahui. 

4 Tahapan Tumbuh Kembang Si Kecil

Selain mengalami pertumbuhan secara fisik, anak 1 tahun akan mengalami beberapa tahapan tumbuh kembang berikut ini:

tumbuh kembang anak 1 tahun
tumbuh kembang anak 1 tahun

1. Perkembangan Kognitif 

Tumbuh kembang anak 1 tahun yang paling mencolok adalah perkembangan kemampuan kognitif. Si kecil mulai mempunyai kemampuan berpikir, mengingat dan belajar hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitarnya. 

2. Perkembangan Emosi

Bukti adanya ikatan emosi yang kuat pada si kecil yaitu si kecil akan menangis apabila dipisahkan dari orang-orang yang sudah dekat dengannya. Tetapi seiring berjalannya waktu, si kecil akan nyaman melakukan aktivitas seorang diri. Pada tahap ini, si kecil sedang berada pada fase awal belajar terkait konflik, si kecil juga akan kebingungan dan bahkan sampai merusak barang-barang disekitarnya.

3. Perkembangan Bahasa

Tahapan tumbuh kembang anak 1 tahun juga ditandai dengan perkembangan bahasa. Si kecil pada usia ini mulai memiliki perkembangan bahasa berupa memahami kosakata baru dan semakin banyak. Si kecil biasanya mampu memahami sampai 10 kali lebih banyak kosakata dari yang sebelumnya bisa diucapkannya.

4. Perkembangan Sensorik dan Motorik

Perkembangan sensorik dan motorik anak 1 tahun mulai berkembang pesat. Keterampilan akan membuat si kecil mampu bekerja bersama dengan orang lain. si kecil juga akan mulai berjalan dengan mantap dan sebagainya.

Pada fase perkembangan si kecil diperlukan susu pertumbuhan untuk mendukung tubuh kembang anak. Susu Wyeth Nutrition hadir jenis S-26 Gold dengan formula MULTIEXCEL alipids system yang mendukung potensi anak. Varian S-26 Gold terdiri dari S-26 Procal Gold (1-3 tahun) dan S-26 Promise Gold (3+).