cemilan tradisional indonesia
 cemilan tradisional indonesia
cemilan tradisional indonesia

Salah satu makanan yang memang selalu ada di indonesia adalah lapis, yang mana lapis mempunyai banyak jenis seperti lapis legit, lapis agar dan lain sebagainya. Disebut kue lapis karena biasanya kue ini terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue lapis ini tidak termasuk ke dalam makanan khas daerah, namun semua daerah di indonesia pasti selalu mnyuguhkan makanan manis yang satu ini baik sebagai kudapan pada acara-acara atau juga santapan keluarga di rumah. Oleh sebab itu, kue lapis ini adalah Cemilan Tradisional Indonesia dengan rasanya yang manis dan enak.

Dalam proses pembuatannya, kue lapis ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Namun ada baiknya menggunakan pewarna alami agar kesehatannya tetap terjaga. Membuat kue lapis ini sangatlah gampang dengan bahan dan prosesnya sebagai berikut.

  1. Daun pandan sebanyak 3 lembar
  2. Tepung sagu 75 gram
  3. Pewarna makanan sesuai dengan selera masing-masing
  4. Tepung beras 275 gram
  5. Garam sebanyak 1/2 sendok the
  6. Gula pasir Gulaku 300 gram
  7. Santan 1 liter

Cara membuatnya:
Rebus santan dengan ditambahkan dengan daun pandan dan garam, kemudian aduklah hingga mendidih lalu angkat dan biarkan sampai menjadi hangat.

Campurkan tepung beras, tepung sagu dan gula pasir dalam satu tempat. Aduklah hingga merata.

Tuangkan santan secara perlahan sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai adonan menjadi encer.

Bagi adonan menjadi 3 bagian, kemudian beri pewarna makanan sesuai selera dan sisakan satu untuk tanpa diberi pewarna.

Oleskan minyak pada loyang dan tuangkan adonan pertama, kemudian dikukus hingga mulai mengeras. Lanjutkan kembali dengan menuangkan adonan kedua kemudian kukus lagi, terus hingga adonan habis.

Langkah terakhir adalah kukus hingga matang, kurang lebih sekitar setengah jam, kemudian angkat dan didinginkan.

Dalam proses pembuatan kue lapis ini tentunya agak sedikit memakan waktu karena Jika tidak dikukus berkali-kali maka tidak akan jadi kue lapis dengan warna yang berlapis-lapis. Demikian ulasan mengenai resep cemilan tradisional indonesia.