PERMAINAN BERBURU GAMBAR

Sebagai langkah dalam menjadikan anak cerdas tentunya harus diaPERMAINAN BERBURU GAMBARwali dengan berlatih dari cara pemikirannya. Oleh Karen itu, melatih daya ingat atau memori otak anak memang perlu dilakukan sejak dini, salah satu kemampuan kognitif yang harus dikuasai balita adalah mengenal symbol misalnya permainan tentang lambang dengan cara “Berburu Gambar” hal ini akan membantu meningkatkan kecerdasan anak serta melatih konsentrasi dan memori anak dan melatih kemampuan dalam aktivitas yang akan merangsang kemampuan anak untuk mengingat nama-nama benda yang ada di sekitarnya. Permainan berburu gambar ini akan sangat cocok diterapkan pada semua umur anak apalagi sebagai permainan anak laki laki yang sangat bermanfaat sebagai permainan dengan sifat mendidik.

Salah satu permainan yang menjadi positif bagi anak adalah permainan berburu gambar misalnya, mencari harta karun yang menyenangkan. Si Kecil akan belajar bahwa gambar adalah simbol benda nyata. Permainan ini bisa mengembangkan dan melatih konsentrasi anak lho apalagi jika didukung oleh beberapa makanan yang bergizi untuk diberikan kepada si kecil dari produk Nestle seperti susu aupun makanan anak yang mengandung nutrisi.

Untuk membuat permainan ini adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan aneka gambar yang dapat diperoleh dari guntingan berbagai media seperti surat kabar dan majalah, atau anda juga bisa membuat ilustrasi sendiri pada kertas atau karton. Objek gambar bisa berupa alat rumah tangga, atau simbol umum yang sering dijumpai dan bermanfaat untuk diingat si kecil. Setelah semua kartu bergambar siap, maka anda harus menyembunyikannya di sejumlah sudut atau bagian rumah untuk dicari oleh si kecil.
  2. Berikan kartu sebagai petunjuk awal untuk anak. Mintalah dia menemukan benda seperti pada gambar yang dipegangnya, contohnya, kartu dengan ilustrasi lampu. Ketika berhasil menjumpai lampu yang sesuai, maka ia akan mendapatkan kartu petunjuk kedua bergambar objek lain, misalnya meja makan. Selanjutnya, anak harus menemukan meja makan dan kartu bergambar benda lainnya. Begitu seterusnya. Di akhir permainan, dia akan mendapat makanan kecil atau buku baru yang merupakan harta karun yang tersembunyi.

Dari permainan ini, si Kecil akan belajar mengenai simbol dan mencocokkan dengan benda aslinya. Dia pun bisa memahami tentang urutan dalam melakukan berbagai hal. “Berburu Gambar” juga melatih ketekunan anak untuk mengerjakan tugas hingga selesai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *