Bayar tagihan pdam online
Bayar tagihan pdam online

Air merupakan sumber dari segala sumber dari kehidupan di muka bumi ini. Tentu kamu dapat membayangkan bagaimana rusaknya bumi ini jika tidak ada air. Maka dari itu demi memudahkan kehidupan bangsa, pemerintah Indonesia membentuk sebuah badan yang menangani penyaluran air bersih, yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Melalui PDAM kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas air yang diberikan.

Untuk mendaftarkan diri sebagai pelanggan PDAM tentunya sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan fotokopi tanda pengenal kamu dan menyerahkannya langsung ke kantor PDAM. Kemudian saat di kantor nanti kamu akan diinstruksikan untuk mengisi formulir dan jika sudah melakukan segala macam pembayaran awal maka petugas akan melakukan survei pemasangan saluran air ke rumahmu.

Setelah air dari PDAM sudah mengalir di rumahmu, maka kewajiban kamu selanjutnya adalah membayar tagihan bulanannya. Tentunya hal ini agak sedikit merepotkan jika harus mengantri di loket pembayaran, belum lagi harus mengantre dengan pengunjung lainnya yang jelas sesedikitnya menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu PDAM memberikan pelayanan bayar tagihan PDAM online sehingga kamu dapat melakukan pembayaran dimana dan kapan saja.

Bayar tagihan pdam online
Bayar tagihan pdam online

Kamu juga bisa bayar tagihan PDAM online melalui aplikasi SimobiPlus milik Bank Sinarmas dengan cara sebagai berikut:

  1. Login SimobiPlus
  2. Klik menu “Pay” dan selanjutnya “Water”
  3. Pada layar baru kamu bisa pilih “PDAM” pada opsi “Biller Name”
  4. Isi nomor pelanggan pada kolom “Consumer Number” dan jangan lupa isi kode area
  5. Berikutnya akan tampil layar yang berisikan informasi mengenai pembayaran tagihan PDAM yang harus kamu pastikan terlebih dahulu
  6. Jika sudah benar kamu bisa pilih “Berikutnya”
  7. Terakhir isi EasyPin dan bayar tagihan PDAM online selesai

Dengan adanya layanan pembayaran secara online seperti ini tentu pelanggan akan sangat merasa sangat dimudahkan sekali karena dapat melakukan transaksi dimana dan kapan saja sehingga dapat menghemat banyak waktu. Selain itu, perlu diingat juga ada beberapa hal yang perlu kamu ingat guna mencegah terjadinya kebocoran tagihan di kemudian hari.

Selain mencegah terjadinya pembengkakan tagihan, beberapa hal berikut ini juga bisa disebut sebagai perilaku ramah lingkungan. Berikut tips yang perlu kamu ketahui:

Periksa pipa rumah kamu

Kebocoran pada pipa sekecil apapun dapat menjadi hal yang sangat serius apabila dibiarkan begitu saja. Dengan adanya kebocoran pada pipa seperti itu tentu akan sangat berpengaruh pada tagihan PDAM dan bisa membengkak jika dibiarkan. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu rutin memeriksa keadaan pipa rumah guna mencegah kebocoran.

Mencuci pakaian banyak sekaligus

Hal ini sepertinya agak sulit untuk dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil tentunya. Dengan mencuci pakaian banyak dalam satu waktu memang sangat melelahkan, tapi justru itu merupakan salah satu langkah dalam melakukan penghematan.

Malah akan jauh lebih baik jika kamu membuat jadwal mencuci, seminggu sekali di setiap hari minggu misalnya. Selain kamu menghemat air, dengan mengatur jadwal seperti ini tentu kamu dapat melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

Menampung air hujan

Menampung air hujan seperti ini merupakan cara lama yang biasa digunakan oleh para orang tua terdahulu. Meskipun begitu, hal ini ternyata masih bisa kita di kehidupan zaman sekarang karena dengan tampungan air hujan ini, kamu jadi tidak perlu lagi menyalakan air kran untuk menyiram tanaman atau mencuci perabotan rumah tangga. Tampunglah air hujan dengan ember atau bak besar lainnya.