Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut merupakan masalah yang serius, apalagi kerontokan tersebut berlangsung secara terus-menerus. Jika kehilangan rambut setiap hari hanya berhelai-helai, hal itu termasuk normal. Hal itu tidak akan membuat masalah atau membuat kepala menjadi cepat botak. Karena rambut baru tumbuh yang akan mengatasi penyebab rambut rontok tersebut. Tapi jika lebih dari 100 helai per hari, itu merupakan sudah tidak normal, apalagi bila disertai dengan pertumbuhan rambut yang terganggu atau terhenti. 

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Apa Penyebab Rambut Rontok terlalu Berlebihan

Dalam medis rambut rontok berlebihan disebut sebagai telogen effluvium. Hal ini terjadi secara menyeluruh sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja. Oleh karena itu menyebabkan rambut kelihatan tipis secara keseluruhan. Apabila kamu mengalami stres atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional, bisa menyebabkan kondisi seperti ini. Penyebab rambut rontok bisa terjadi bila kamu menggunakan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut.

Kerontokan bisa terjadi pada pria maupun wanita, tetapi wanita lebih sering mengalami hal ini, terutama jika ada perubahan hormonal. Jika kondisi stres atau kondisi medis tertentu menimpa kamu, biasannya kerontokan terjadi setelahnya. Rambut rontok berlebihan tidak harus membutuhkan pengobatan khusus. Karena rambut kamu bisa tumbuh dan tebal kembali dalam beberapa bulan kemudian, jika penyebab rambut rontok berlebihan sudah teratasi.

Ada beberapa kasus rambut rontok yang berlebihan mungkin juga memerlukan perawatan. Maka dari itu kamu perlu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mengetahui penyebab rambut rontok berlebihan. Apabila masalah kerontokan dinyatakan harus memerlukan perawatan khusus, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan, pengangkatan sebagian kulit kepala, atau mungkin operasi transplantasi rambut.

Bagaimana untuk Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Supaya tidak mengalami kerontokan yang semakin parah, kamu bisa melakukan langkah pencegahan dengan menghindari penataan rambut seperti mencatok, mewarnai rambut dan mengeriting rambut. Hindari juga mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah. Untuk mencuci rambut, kamu bisa menggunakan shampoo bayi yang cenderung lembut.