Pentingnya Kerjasama Bilateral Bagi Universitas
Pentingnya Kerjasama Bilateral Bagi Universitas
Pentingnya Kerjasama Bilateral Bagi Universitas
Pentingnya Kerjasama Bilateral Bagi Universitas

Tuntutan dunia kerja yang makin ketat termasuk dalam memilih sumber daya manusia, tentunya akan membuat universitas yang ada di Indonesia ini harus mampu melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan memenuhi klasifikasi dalam tuntutan dunia kerja baik itu dalam negeri maupun di luar negeri.

Seiring perkembangan zaman baik di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan bidang yang menyangkut peradaban dunia, maka universitas yang ada di Indonesia sudah seharusnya mengetahui standar universitas luar negeri untuk melahirkan sumber daya manusia yang bisa diakui dan diterima di dunia kerja secara global.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka universitas yang ada di Indonesia harus menjalin kemitraan dengan universitas yang ada di luar negeri. Seperti salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia Jakarta yang telah berhasil dalam menjalin kerjasama internasional dengan beberapa universitas ternama yang ada di luar negeri.

Sebagai International University, UI telah mengadakan kerjasama bilateral (University of university), yaitu kerjasama kemitraan dengan beberapa universitas ternama yang ada di beberapa negara seperti Australia, Belanda, Jepang, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Bentuk kerjasama bilateral Universitas Indonesia dengan universitas mitra UI diselenggarakan dengan berbagai macam program pembelajaran dan pendidikan seperti adanya kelas internasional untuk beberapa fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Melalui kelas internasional ini para mahasiswa bisa mengenyam pendidikan di universitas luar negeri yang menjadi mitra UI.

Melalui pertukaran mahasiswa atau study abroad yang dielenggarakan UI ini juga akan memberikan keuntungan bagi para mahasiswa baik itu dalam jaringan pertemanan mereka, gelar ganda yang akan didapat dari UI dan universitas mitra UI, dan yang paling penting adalah mahasiswa lulusan UI dan universitas mitra UI ini akan mendapat pengakuan internasional yang menjadikan mereka lulusan berkualitas yang sesuai dengan pasar global seperti yang banyak dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini, termasuk pekerjaan yang ada di negara lain.

Selain mengadakan kelas internasional, Universitas Indonesia juga sering terlibat dalam kunjungan akademik seperti pertukaran materi publikasi akademis, kerjasama dalam proyek-proyek pelatihan, ajang karya singkat, dan lain-lain sebagai bentuk dari kerjasama bilateral UI dengan universitas mitranya. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Indonesia merupakan International University yang mampu melahirkan SDM yang berkualitas untuk keperluan dunia kerja secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here