Obat Diare Untuk Anak Yang Direkomendasikan

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih terbilang tinggi di Indonesia terutama anak anak. Banyak penyebab yang membuat anak terkena diare seperti makanan yang terinfeksi virus, parasit, maupun bakteri, sampai dengan alergi susu dan laiin-lain. Sebenarnya anda bisa mencegah terjadinya diare pada anak seperti meyuruhnya mencuci tangan sebelum makan, jangan makan yang sembarangan, dan membersihkan lingkungan sekitar juga mainannya.

Namun, apabila sikecil terlanjur terkena diare sebaiknya anda menyiapkan obat yang bisa meringankan gejala diare tersebut. Tapi anda tidak boleh sembarangan memberli obat diare anak karena akan menimbulkan efek samping. Namun anda tak perlu khawatir kami mempunyai rekomendasi terapi obat diare yang anda bisa beli di apotek.

1. Suplemen Zinc
Menurut penelitian yang telah dilakukan selama 20 tahun, pengobatan diare ternyata lebih efektif apabila anda memberikan oralit disertai dengan zinc. Penelitian itu juga membuktikan bisa menurunkan angka kematian pada anak-anak akibat diare sampati 40%. Suplemen zinc yang ada dipasaran adalah Zinc Kid, L Sinc dan Zinc Pro. Anda bisa memberikan obat diare anak tersebut untuk anak dibawah 6 bulan 10 milligram zinc dan anak di atas 6 bulan 20 miligram zinc.

2. Oralit
Jika dirumah anda tidak memiliki suplemen zinc anda bisa menggunakan oralit sebagai obat diare anak, anda bisa menggunakan bubuk oralit untuk dewasa namun diencerkan 2 kali lebih banyak. Jadi yang seharusnya diencerkan 250 cc menjadi 500 cc. Anda juga bisa membeli cairan oralit khusus untuk anak yang langsung bisa diminum dalam botol tanpa harus di encerkan lagi. Namun, setelah kemasan dibuka harus langsung dihabiskan dalam waktu 24 jam.

3. Jangan memberikan obat lainnya pada anak.
Diare disisi lain merupakan mekanisme pengeluaran virus, racun, toksi dan kuman, tetapi yang paling penting adalah memberikan makanan kepada anak seperti biasanya. Adapun makanan yang dapat anak anda makan selama diare adalah pisang, apel, yoghurt, kentang rebus, sereal dan lain-lain.
Itulah beberapa rekomendasi terapi obat yang bisa anda beli di apotek. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *