covid test terdekat

Di masa-masa pandemi Covid-19 ini, wajar dong kalau kita merasa khawatir tertular atau terinfeksi virus Covid-19. Apalagi sekarang era new normal sudah mulai diterapkan. Masyarakat yang tadinya harus di rumah saja sudah mulai bisa kembali beraktivitas baik itu untuk bekerja atau melakukan kesibukan lainnya.

Agar kamu dan keluarga lebih terjaga di era new normal ini, tak ada salahnya melakukan Covid test terdekat agar bisa mendeteksi ada atau tidaknya virus Covid-19 di dalam tubuh kita. 

Salah satu tes yang cukup akurat untuk mendeteksi adanya virus Covid-19 di tubuh kita adalah tes PCR. Apa itu tes PCR dan seperti apa proses diagnosanya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Pengertian PCR

PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction yang merupakan metode pemeriksaan di laboratorium untuk mendeteksi adanya material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Materi genetik yang ada di dalam setiap sel ini termasuk dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan berdasarkan jumlah rantai yang ada di dalamnya. 

DNA adalah materi genetik yang memiliki rantai ganda, sedangkan RNA adalah material dengan rantai tunggal. DNA dan RNA setiap makhluk tentu saja berbeda dan membawa informasi genetik yang berbeda pula. 

Adanya DNA dan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui teknik amplifikasi atau perbanyakan. Adanya metode tes PCR ini membuat keberadaan genetik dari berbagai jenis virus serta bakteri bisa dideteksi sehingga membantu proses diagnosis sebuah penyakit. 

2. Jenis Penyakit yang Bisa Dideteksi Dengan PCR 

PCR kini juga menjadi salah satu cara yang dinilai cukup efektif untuk mendiagnosis adanya virus Covid-19 pada tubuh seseorang. Covid-19 adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau biasa disebut virus Corona. Virus penyebab Covid-19 ini adalah jenis virus RNA. 

Sebelum digunakan untuk mendeteksi virus Covid-19. PCR juga digunakan untuk mendeteksi beberapa penyakit berikut ini.

  • Infeksi human immunodeficiency virus (HIV)
  • Infeksi human papillomavirus (HPV)
  • Infeksi cytomegalovirus
  • Hepatitis C
  • Pertussis (batuk rejan)
  • Gonore
  • Penyakit Lyme
  • Klamidia

3. Bagaimana Test PCR Mendiagnosis Covid-19?

Prosedur pertama yang harus kamu jalani selama tes PCR adalah pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring, orofaring, atau paru-paru. Ini adalah bagian yang terletak antara hidung-tenggorokan dan mulut-tenggorokan. 

Pengambilan dahak ini dilakukan menggunakan metode swab yang memakan waktu 15 detik. Tak perlu khawatir, karena metode ini tidak akan menimbulkan rasa sakit kok. Setelah prosedur pertama ini dilakukan, maka sampel dahak tersebut akan diteliti di laboratorium. 

Selanjutnya, cara mendeteksi virus Covid-19 menggunakan metode PCR diawali dengan proses konversi (perubahan) RNA yang ditemukan pada sampel menjadi DNA. Proses mengubah RNA virus ke DNA ini dilakukan memakai enzim reverse-transcriptase. Proses inilah yang dinamakan reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR).

Ketika RNA sudah diubah menjadi DNA, barulah alat PCR melakukan perbanyakan materi genetik agar lebih mudah terdeteksi. Apabila nantinya mesin PCR mendeteksi RNA virus Covid-19, pada sampel dahak yang sedang diperiksa, maka hasil sampel tersebut adalah positif terinfeksi virus Covid-19. 

Covid test terdekat kini bisa dilakukan di berbagai rumah sakit maupun klinik yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. Beberapa rumah sakit yang menyediakan layanan tes PCR seperti RS Premier Bintaro, RS Mayapada Jakarta Selatan , RS Umum Bunda Margonda, RSU Bunda BMC Padang, dan masih banyak lagi. Daftar lengkap rumah sakit dan klinik penyedia tes PCR bisa kamu lihat di sini. Dapatkan informasi seputar Covid-19 melalui aplikasi Halodoc, download sekarang!