apa itu deposito

Memiliki dana dalam jumlah yang besar terkadang bisa membuat Anda kebingungan untuk menyimpannya dengan baik. Jika disimpan di bank sebagai tabungan, uang tidak bisa berguna dengan baik. Namun jika diinvestasikan, Anda masih merasa belum berpengalaman dalam hal investasi. Solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan menginvestasikan uang Anda dalam bentuk deposito. Apa itu deposito? Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah tersebut, berikut penjelasan mengenai deposito beserta keuntungannya:

Mengenal Tentang Deposito

Deposito merupakan sebuah produk simpanan berjangka dari sebuah bank yang dihadirkan untuk nasabahnya. Perbedaannya dengan tabungan biasa yaitu pada proses penarikan dimana tabungan biasa bisa ditarik kapan saja, sedangkan deposito hanya bisa ditarik sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Produk simpanan ini masuk sebagai salah satu jenis investasi karena menghadirkan bunga yang cukup tinggi sehingga menguntungkan. Tapi jika melakukan penarikan sebelum jangka waktu, maka Anda bisa terkena penalti.

apa itu deposito
apa itu deposito

Keuntungan Investasi Pada Deposito

Setelah mengetahui apa itu deposito, Anda juga perlu mengetahui keuntungan investasi pada deposito. Langsung saja, berikut pembahasan selengkapnya:

1. Risiko investasi rendah

Alasan mengapa deposito cocok untuk investor pemula yaitu karena risiko yang terbilang rendah dibandingkan jenis investasi lainnya. Investasi lain seperti pasar saham, properti, atau valuta asing sangat berisiko terhadap pengaruh pasar. Namun berbeda dengan deposito yang nilainya selalu stabil dan tidak terpengaruh oleh gangguan pasar. Jika tidak ada kondisi buruk yang luar biasa maka bisa dipastikan bahwa deposito menjadi investasi yang aman. Karena keuntungannya ini tidak heran jika banyak investor pemula memilih untuk menginvestasikan uang pada deposito.

2. Suku bunga lebih tinggi

Sebenarnya produk deposito ini hampir mirip dengan tabungan biasa karena Anda hanya perlu menyetorkan dana awal. Namun perbedaan mencolok yang menjadikan deposito sebagai salah satu instrumen investasi yaitu suku bunga yang lebih tinggi. Suku bunga tinggi inilah yang kemudian nantinya menjadi keuntungan Anda saat melakukan investasi. Biasanya semakin panjang tenor atau jangka waktu yang Anda ambil maka akan semakin besar bunga dan keuntungan yang Anda dapatkan.

3. Menumbuhkan kebiasaan menabung

Menabung pada produk tabungan biasa memang memiliki banyak godaan karena Anda bisa mengambilnya dengan mudah. Berbeda dengan produk deposito yang tidak bisa diambil kapan saja, maka mau tidak mau Anda harus menunggu hingga jangka waktu habis untuk mengambilnya.

4. Bisa dijadikan investasi jangka pendek hingga sedang

Produk deposito memiliki tenor yang beragam mulai dari hitungan minggu hingga tahun. Jadi Anda bisa memilih tenor sesuai kebutuhan. Dengan tenor yang beragam ini, Anda bisa menjadikan deposito sebagai investasi jangka pendek hingga sedang sesuai tenor yang diambil.

5. Keuntungan Investasi Terjamin

Meskipun sebenarnya keuntungan yang didapatkan tidak sebanyak investasi lain, namun jaminan bunga dari deposito sudah pasti didapatkan. Anda hanya perlu bersabar menunggu tenor habis untuk bisa menggunakan bunga deposito tersebut. Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS menjamin hal tersebut meskipun bank tempat investasi mengalami kebangkrutan. Namun jaminan yang diberikan terbatas di bawah nominal 2 Milliar.

Deposito Bank Sinarmas, Solusi Untuk Investasi yang Aman

Sebagai salah satu bank ternama di Indonesia, Bank Sinarmas menghadirkan produk deposito yang bisa dengan mudah Anda miliki. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memilih investasi di bank ini, seperti nominal penempatan rendah mulai dari Rp 8 juta, tersedia dalam berbagai mata uang, tenor beragam, suku bunga kompetitif, cara daftar mudah, dan lain sebagainya. Untuk informasi pendaftaran dan juga ketentuan pendaftaran bisa Anda lihat langsung di website Bank Sinarmas yaitu banksinarmas.com.