kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Bekerja memang sudah menjadi prioritas sebagian besar orang. Meskipun begitu ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga mau tidak mau, karyawan harus menempuh pendidikan lanjut untuk memenuhi tuntutan pekerjaan. Salah satu cara yang banyak dilakukan para karyawan ketika mereka mendapatkan tuntutan pendidikan untuk pekerjaan adalah dengan mengikuti kuliah kelas karyawan

Ada banyak universitas seperti Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana yang menawarkan program kuliah untuk karyawan. Program kuliah kelas karyawan ini biasanya diadakan malam hari atau pada hari Sabtu dan Minggu. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti kelas karyawan ini. Namun, sebelum anda memutuskan untuk mengikuti program kelas karyawan, anda bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini untuk memilih jurusan yang tepat. 

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Pertimbangkan bidang pekerjaan

Sebagian besar orang yang sudah bekerja akan memilih jurusan sesuai dengan bidang pekerjaannya saat ini. Meskipun tidak sama persis, paling tidak jurusan kuliah karyawan bisa mendukung pekerjaan. Misalnya saat ini anda bekerja dalam bidang administrasi, sehingga jurusan yang cocok untuk anda biasanya tidak jauh dari administrasi, sekretaris, komputer, dan sejenisnya. Meskipun tidak harus memilih sesuai dengan bidang pekerjaan, namun diharapkan jurusan yang linear akan mendukung kelancaran pekerjaan anda saat ini. 

Latar belakang pendidikan

Selain memilih jurusan berdasarkan pekerjaan, anda juga bisa memilih jurusan berdasarkan latar belakang pendidikan terlebih dahulu. Mempertimbangkan dua faktor ini akan sangat memudahkan anda ketika kuliah karena anda tidak perlu belajar sesuatu yang baru mulai dari nol. Memang tidak ada ilmu yang tidak berguna, tapi mengingat waktu yang dimiliki terbatas dan jadwal kerja dan kuliah yang padat, anda tentu ingin belajar lebih lanjut tentang suatu jurusan yang sudah anda pahami. Dengan begitu anda bisa lebih menghemat waktu dalam belajar dan kuliah juga lebih cepat selesai. 

Pahami passion 

Bila anda masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, anda bsia mulai dengan mengenali diri sendiri dan passion. Meskipun kuliah untuk meningkatkan karir, anda tetap harus mempertimbagkan minat dan bakat anda sendiri. Memilih sesuatu, termasuk jurusan, yang sesuai dengan passion atau minat akan menjadi motivasi terbesar anda serta membuat semua kegiatan menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa bertanya pada keluarga atau rekan untuk membantu anda lebih percaya diri dan memahami diri sendiri dengan lebih baik lagi. 

Tentukan tujuan kuliah

Setiap orang tentu mempunyai tujuan kuliah yang berbeda-beda. Ada yang melanjutkan kuliah karena ingin naik jabatan, ada yang kuliah untuk meningkatkan kualitas diri, dan sebagainya. Andapun juga harus mempunyai tujuan kuliah yang jelas. Tujuan kuliah yang jelas akan memberikan titik terang tentang jurusan mana yang akan dipilih. Setelah mengetahui tujuan mengikuti kelas karyawan, anda bisa merencanakan lama studi dan juga target yang harus dicapai selama masa tersebut. 

Kenali jurusan yang tersedia di universitas

Setelah anda mempunyai jurusan yang diinginkan, selanjutnya anda perlu melihat apakah universitas yang dituju juga menawarkan jurusan yang sama. Hal ini karena tidak semua universitas menyediakan kelas karyawan untuk semua jurusan. Biasanya kelas karyawan hanya jurusan-jurusan yang banyak diminati saja. Bila universitas tidak menyediakan jurusan yang dikehendaki, anda bisa melihat jurusan pada universitas lain. Setidaknya anda harus melihat jurusan yang disediakan di beberapa universitas sebelum akhirnya memilih salah satu yang dirasa paling sesuai.