kue tradisional indonesia
kue tradisional indonesia

Kue tradisional indonesia bisa kita temukan ada banyak sekali berada di sekitar kita, mulai dari kue basah sampai dengan kue kering. Kue-kue yang ada di Indonesia merupakan kue yang lezat, banyak orang yang suka dengan  kue tersebut. Karena memang cita rasa yang khas dan tidak dimiliki oleh Negara yang lainnya.

kue yang khas di Indonesia ini biasanya di buat dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang kalau dimakan akan sangat terasa sekali di mulut, nah berikut ini beberapa kue tradisional Indonesia untuk Anda:

kue tradisional indonesia
kue tradisional indonesia
  • Kue Serabi

Serabi atau surabi ini ada dua jenis, yaitu ada serabi manis yang memakai kinca dan serabi asin dengan menggunakan taburan oncom yang sudah di bumbui di atasnya. Biasanya serabi ini dijajakan pada waktu pagi hari dan dimasak dengan menggunakan tungku sehingga ini bisa menghasilkan rasa yang khas. Biasanya serabi ini menggunakan telur ayam yang dikocok kemudian di tambahkan pada atas adonan serabi yang sedang di masak. Seiring dengan waktu berjalan dengan perkembangan zaman, banyak yang selalu melakukan inovasi dengan menambahkan berbagai macam topping seperti sosis, keju, dan mayones.

  • Kue Lumpur

Kue lumpur merupakan sebagai salah satu jajan pasar yang termasuk makanan ringan. Resep makanan ini dengan menggunakan bahan utama dari santan, kemudian tepung terigu, kentang dan juga telur. Dalam hal ini sebagai pewangi biasanya juga digunakan vanila dan seringkali kue ini diberikan hiasan  dengan menggunakan kismis dan kelapa muda yang di iris pada permukaannya. Kue ini memang tergolong ke dalam kue basah sehingga kue ini tidak tahan jika Anda simpan terlalu lama.

Nah untuk Anda yang ingin membuat kue lumpur bisa melihat resepnya di bawah ini:

Cara yang pertama yaitu dengan melelehkan margarine, kemudian ambil tempat untuk mencampurkan bahan seperti telur, vanili, gula, kentang, tepung terigu, santan, garam dan margarine yang sudah Anda lelehkan awal tadi. Selanjutnya Anda panaskan cetakan dengan menggunakan api yang kecil, lalu Anda masukkan adonan ke bagian cetakan yang terlebih dulu Anda lumuri dengan margarin. Selanjutnya Anda tambahkan toping kismis atau menggunakan kelapa muda dan kemudian masak selama dua menit sampai  matang.

Nah itulah kue tradisional Indonesia yang tentunya cukup populer dikalangan kita, semoga bermanfaat.