perbedaan kebutuhan dan keinginan
perbedaan kebutuhan dan keinginan

Pada dasarnya, kita semua bisa menghemat pengeluaran. Salah satunya caranya adalah dengan mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan, lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak keuntungan mengetahuinya. Terutama jika Anda berhasil mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Nah, berikut akan kami jelaskan apa saja keuntungan-keuntungannya di bawah ini:

1.  Memprioritaskan Hal-Hal yang Pokok

Kebutuhan biasanya mencakup pada hal-hal yang pokok. Pasalnya, kebutuhan bersifat pada bahan-bahan penting dalam hidup. Contohnya seperti sandang, pangan, dan papan. Contohnya, dibandingkan dengan membeli kendaraan mewah, seseorang akan cenderung menabung untuk membuat hunian yang nyaman terlebih dahulu.

perbedaan kebutuhan dan keinginan
perbedaan kebutuhan dan keinginan

2.  Menghemat Pengeluaran

Seperti yang kami jelaskan di atas, mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut, bisa menghemat pengeluaran Anda. Pasalnya, dengan mendahulukan kebutuhan, Anda tidak akan terjebak dengan gaya hidup yang mewah dan juga boros.

3.  Mendahulukan yang Bersifat Pokok

Saat ini, kebutuhan pokok tidak hanya sandang, pangan, dan papan saja. Ada beberapa kebutuhan pokok lain yang tak kalah penting. Misalnya, biaya pendidikan anak, bagi yang sudah berkeluarga. Dengan mendahulukan kebutuhan, maka Anda bisa mengatur keuangan menjadi semakin lebih optimal.

Cara Membedakan Perbedaan Keinginan dan Kebutuhan

Pada dasarnya, untuk mengetahui perbedaan antara keduanya cukup mudah. Kebutuhan yang penting untuk diutamakan di antaranya seperti makanan, pakaian, dan rumah. Namun, hal tersebut perlahan bergeser menjadi gaya hidup yang bersifat mewah, contohnya:

  1. Rumah menjadi apartemen mewah yang lebih mahal.
  2. Membeli pakaian mengutamakan sisi fashionable dibandingkan kebutuhan sehingga lebih memilih produk mahal.
  3. Makanan mengutamakan kelezatan dan kemewahan dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah.

Selain itu, ada contoh lainnya yang sering terjadi. Yaitu, lebih mengutamakan pengeluaran untuk hobi dan hasrat, dibandingkan kebutuhan. Contohnya, membeli HP terbaru yang harganya lebih mahal. Padahal, budget lebihnya bisa anda alokasikan pada kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Dengan mengetahui perbedaannya, sedikit banyaknya saat ini Anda bisa menghemat pengeluaran.

Demikian informasi seputar perbedaan kebutuhan dan keinginan, serta manfaat mengetahuinya. Kini, Anda bisa mengetahui dan memprioritaskan mana itu kebutuhan dan keinginan. Dengan begitu, alokasi finansial Anda dan pengeluarannya bisa semakin lebih optimal, efisien dan juga hemat. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda.