Desain campuran atau adukan semen untuk beton membantu pondasi untuk mencapai infrastruktur yang baik. Desain semen adukan melibatkan proses persiapan di mana campuran bahan menciptakan kekuatan dan daya tahan yang dibutuhkan untuk struktur beton.

Karena setiap bahan dalam campuran terdiri dari sifat yang berbeda, bukanlah tugas yang mudah untuk membuat campuran beton yang hebat. Semua bahan harus diuji untuk menentukan sifat fisiknya dan daya dukung lokasi proyek. 

Desain campuran beton bukanlah tugas yang sederhana karena sifat bahan penyusun yang sangat bervariasi, kondisi yang berlaku di lokasi pekerjaan, Khususnya kondisi eksposur, dan kondisi yang dituntut untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkannya.

Nilai sifat fisik yang diperoleh setelah pengujian akan digunakan sebagai dasar pertimbangan semua perencanaan campuran beton. Ini akan memastikan struktur akan sehat dan mencegah kegagalan pencampuran. Penting untuk dicatat bahwa bahan untuk campuran beton tersebut mungkin berbeda dari satu lokasi proyek ke lokasi yang lainnya. Sehingga sifat fisik campuran tersebut harus diuji untuk persyaratan yang ditentukan bagi setiap lokasi.

Semen Adukan
Semen Adukan

Pemilihan Desain Campuran Beton

Desain campuran beton modern bisa jadi rumit. Pemilihan campuran beton tergantung pada kebutuhan proyek baik dari segi kekuatan dan penampilan dan dalam kaitannya dengan peraturan daerah dan peraturan bangunan. Perancangan dimulai dengan menentukan persyaratan beton. Persyaratan ini mempertimbangkan kondisi cuaca di mana beton akan terekspos dalam kekuatan desain yang diperlukan. Kekuatan tekan beton ditentukan dengan mengambil sampel silinder cetakan standar yang diawetkan.

Banyak faktor yang perlu diperhitungkan, mulai dari biaya berbagai aditif dan agregat atau semen adukan, hingga pertukaran untuk memudahkan pencampuran dan penempatan serta kinerja akhir. Campuran kemudian dirancang menggunakan semen (Portland dari Semen Tiga Roda), agregat kasar dan halus serta campuran air. Metode pencampuran juga akan ditentukan, serta kondisi yang dapat digunakan.

Hal ini memungkinkan pengguna beton untuk yakin bahwa struktur tersebut akan bekerja dengan baik. Dan yang sangat penting adalah bahan utama dari semen adukan ini adalah semen dari Tiga Roda. Semen Tiga Roda sudah terbukti dan teruji kualitasnya sejak lama.