kop surat

Memang, membuat sebuah surat lamaran kerja dan resume bisa dikatakan susah susah gampang. Padahal, Anda hanya perlu memberikan informasi jujur seputar diri Anda sendiri. Namun di lain sisi, Anda harus memberikan sebuah keunikan dan daya tarik agar bisa diperhatikan oleh seorang HR manager ataupun perusahaan tempat Anda melamar. Mulai dari kop surat, hingga isi dari surat lamaran Anda. 

Apalagi, tata cara Anda dalam bertutur pada surat lamaran kerja akan menjadi penilaian tersendiri bagi seorang HR Manager. Jika Anda salah dalam menuliskan kalimat tertentu, maka surat lamaran Anda tersebut tidak akan diperhatikan sama sekali, atau bahkan malah dibuang. Ironis bukan?.

kop surat
Kop surat
source : https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2020/2/19/9630606/9630606_dcd90b22-95ff-4382-9ffc-af22f7e810e9_700_700

Maka dari itu, usahakan untuk menciptakan sebuah kalimat pembuka yang baik dan sopan namun tetap dapat memberikan daya tarik bagi pembacanya. Kalimat pembuka sendiri biasanya akan ditempatkan pada alinea pertama.

Disinilah Anda harus bermain dengan kata-kata demi menghasilkan sebuah kalimat yang tepat. Untuk itu, berikut Snapy akan membagikan beberapa tips membuat kalimat pembuka surat lamaran kerja yang menarik. Untuk itu, simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1. Tak perlu bertele-tele 

Tak hanya di kop surat saja, namun hal dasar pertama yang harus Anda ketahui ketika membuat sebuah kalimat pembuka adalah, “to the point”, aliat tidak perlu bertele-tele dan langsung menunjukkan apa yang Anda maksud. Jelaskan bahwa Anda memang ingin melamar di perusahaan tersebut dan menginginkan posisi tertentu.

Sebagai contoh sebuah kalimat yang  to the point diantaranya adalah “ terkait dengan informasi lowongan pekerjaan dari (…) maka saya tertarik untuk melamar menjadi (…) di perusahaan (…). Atau Anda bisa memberikan kreasi lain yang lebih unik namun tetap formal dan sopan.

2. Berikan sentuhan kalimat ekspresi  

Umumnya, kalimat pembuka surat lamaran kerja datang dari inisiatif dan ekspresi diri sendiri yang disesuaikan dengan posisi yang hendak Anda melamar di sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, melalui kalimat pembuka ini, Anda menunjukkan bahwa Anda begitu antusias dan bersemangat untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. Namun, jangan sampai terlalu bersemangat sehingga melupakan kalimat yang sopan dan formal.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kalimat seperti “ Saya sangat berharap bisa berkontribusi  serta turut mengembangkan perusahaan ini dengan ilmu yang saya miliki” (…) dan seterusnya. 

3. Tunjukkan kemampuan Anda

Tak hanya kalimat ekspresi, Anda juga bisa menambahkan kemampuan yang Anda miliki pada kalimat pembuka surat lamaran kerja, yang berguna untuk meyakinkan perusahaan tersebut bahwa Anda benar-benar layak untuk mendapatkan posisi itu.

Cobalah untuk menuliskan apa saja yang menjadi keahlian Anda, misalnya: “ Saya memiliki kemampuan serta pengalaman selama (…) di bidang (…) sehingga saya yakin mampu mengembangkan perusahaan ,“(…) dan seterusnya.

4. Jika ada, jelaskan dari mana asal Anda mendapatkan informasi lowongan  

Hampir kebanyakan orang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari berbagai media baik offline maupun online. Namun tak jarang juga yang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari kerabat atau kenalan yang juga mengenal atau berkecimpung di perusahaan tersebut.

Maka dari itu, jika Anda termasuk orang yang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari seseorang yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, maka ada baiknya untuk Anda cantumkan dengan format seperti berikut: “Saya mendapatkan informasi lowongan dari (…) atau (…) memberikan rekomendasi posisi kepada saya” (…) dan lain sebagainya. 

5. Paham penggunaan kata kunci 

Tak hanya pada kop surat saja, Apabila sebuah perusahaan mencari seseorang dengan kemampuan atau skill tertentu dan mencantumkannya dalam lowongan, maka Anda bisa memanfaatkan kata-kata tersebut juga untuk membuat tertarik HRD.

Sebagai contoh, jika ada lowongan yang mencari pekerja kreatif, maka Anda bisa memanfaatkan kata kunci “kreatif” dalam kalimat pembuka Anda. misalnya, “ Saya adalah orang yang memiliki berbagai macam ide kreatif yang dapat diaplikasikan kedalam perusahaan” dan sebagainya. 

Demikianlah informasi mengenai cara membuat kalimat pembuka yang baik dan tepat bagi surat lamaran kerja saat ini. Cukup menarik bukan? Namun jika Anda ingin terlihat lebih profesional lagi, maka Anda bisa bergabung bersama Snapy untuk mendapatkan berbagai macam template atau desain menarik yang mampu menarik perhatian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Snapy, silahkan kunjungi website, snapy.co.id sekarang juga! 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!