perkembangan anak
perkembangan anak

Setiap anak mengalami masa emas dalam perkembangan otaknya. Anak mampu mengingat sesuatu dengan sangat baik. tugas kita sebagai orang tua adalah mendukung perkembangan anak yang meliputi perkembangan fisik dan psikis termasuk juga faktor kecerdasan anak.

perkembangan anak
perkembangan anak

Ada banyak hal yang mendukung tingkat kecerdasan buah hati mulai dari faktor keturunan, lingkungan dan yang tidak kalah penting adalah pengaruh asupan makanan bergizi yang  selalu anda siapkan untuk buah hati. meskipun di usianya buah hati kadang kurang bersemangat untuk menyantap makanan yang telah anda buat, namun hal ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, sejauh mana anda bisa berkreasi menciptakan menu makanan sehat dengan tampilan yang menarik. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mendukung perkembangan buah hati.

1. Susu

Susu merupakan jenis minuman sehat yang diperkaya nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, kalsium, kalium dan vitamin D serta vitamin D. Berbagai kandungan nutrisi ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu baik dalam bentuk ASI, susu formula atau susu lanjutan sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan anak. Dalam menyajikannya, anda bisa menyajikan susu tidak hanya dalam bentuk minuman namun juga yoghurt dan keju serta makanan pendamping ASI lainnya.

2. Buah berry

Berbagai keluarga buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry dan lainnya merupakan sumber nutrisi penting yang mendukung perkembangan otak. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki daya ingat otak dan meningkatkannya. Selain daging buahnya yang mengandung nilai manfaat, biji buah berry juga menawarkan manfaat penting berupa asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam perkembangan kecerdasan otak buah hati. Selain itu, dalam buah berry juga terkandung antioksidan dan vitamin C yang berfungsi mengurangi stres dan dapat meningkatkan sistem imunitas si kecil yang dapat menangkal penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Telur

Telur juga termasuk makanan kaya protein yang sangat mudah dijumpai, serta mudah untuk diolah. Bagian kuning telur mengandung kolin untuk membantu meningkatkan perkembangan otak buah hati, sehingga daya ingat anak akan semakin baik. Dalam mengkonsumsi telur, cukup 1 butir dalam sehari karena telur juga mengandung kolesterol yang konsumsinya harus dibatasi.

Itulah 3 jenis makanan untuk mendukung perkembangan anak yang bisa anda olah dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here