Jalur Yang Dapat Diikuti Untuk Masuk Universitas Terbaik Ui

Banyak hal yang harus diperhatikan pada saat memasuki suatu universitas terbaik salah satunya UI, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, orang tua dan calon mahasiswa baru UI diharapkan dapat lebih berhati-hati dan hanya merujuk pada sumber-sumber resmi informasi yang datang langsung dari pihak universitas.

Dengan ketidak tahuan para orang tua cenderung selalu mempercayai semua hal yang menyangkut dengan anaknya untuk masuk sebuah universitas, yang pada akhirnya terjadi suatu kesalahan atau terjadinya penipuan-penipuan terhadap orang tua yang selalu percaya begitu saja.

universitas terbaik Ada beberapa jalur untuk dapat memasuki universitas terbaik yaitu UI diantaranya :

  • Jalur Undangan, jalur undangan biasa disebut dengan SNMPTN. Jalur Undangan adalah jalur dimana nilai raport SMA dari semester I sampai dengan semester V dikumpulkan dengan ratusan raport siswa lainnya dan dicari siapa yang paling besar nilainya.
  • Jalur PPKB, Jalur PPKB ini diambil dari nilai prestasi di luar sekolah. Contohnya, pernah menang juara bulu tangkis se-Asia dan ada sertifikatnya, dapat menyerahkan sertifikatnya ke bagian administrasi UI dan nanti akan dipertimbangkan untuk bisa diterima di UI. Terkait hal ini, semakin tinggi prestasi yang diraih, maka semakin besar pula peluang untuk masuk UI.
  • Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur ini biasanya banyak diikuti para pelajar dari yang tahun lalu sampai yang tahun sekarang. Jalur ini hanya memilih anak-anak yang ingin masuk PTN lewat test tertulis. Ujian tertulis terdiri atas : Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi (TBS).
  • Jalur Mandiri. Jalur mandirinya, biasa disebut dengan nama ‘SIMAK UI‘. Ujiannya sama persis seperti SBMPTN, namun tidak ada Tes Potensi Akademik, hanya Tes Bidang Studi Dasar dan Tes Bidang Studi IPA/IPS. Biasanya peluang untuk masuk lebih besar karena rata rata yang ikut SIMAK lebih sedikit dibanding pengikut SBMPTN.

Memilih jalur yang mana yang sesuai dengan kemampuan masing-masing, peluang untuk masuk di universitas terbaik dapat diraih dengan jalur tersebut di atas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *