sekolah film

Membuat film itu memang seperti mudah. Namun, kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan sebelum membuat film ada baiknya kita sekolah film kepada yang ahlinya ataupun belajar di sekolah khusus tentang film itu sendiri.

Namun jika anda memiliki bakat dalam membuat film di bawah ini ada beberapa tips bagi anda untuk sekolah film.

  • Siapkan Ide Pokok Yang Menarik

Ide yang murni dari pikiran kita memang tidak mudah untuk didapatkan, tapi ini adalah cara yang paling mudah untuk menghindari yang namanya plagiat dari pikiran orang lain. Cobalah untuk mencari bahan referensi fenomena dan trend di masyarakat yang sedang  berkembang baru baru ini.

  • Script Cerita yang Kuat

Script yang dibuat dengan baik merupakan salah satu hal utama film yang harus dikembangkan melalui karakter-karakter yang akan memerankan film tersebut. Script harus disiapkan secara baik terlebih dahulu agar film yang akan kita buat hasilnya tidak akan mengecewakan.

  • Buat Alur Cerita

Setelah melakukan hal yang diatas kemudian tentukanlah orang-orang yang akan memerankan tokoh dalam film ini. Kemudian, buatlah alur cerita kasar dari ide tersebut. Misalnya, apa saja hal menarik yang terjadi dalam kehidupan nya sehari-hari yang berkaitan dengan profesinya.

  • Buatlah Sinopsis Pendek

Dari sinopsis kita bisa menentukan siapa saja yang harus kita wawancara, daftar pertanyaan untuk setiap wawancara, dan daftar gambar-gambar (footage) yang dibutuhkan di luar wawancara untuk para pemeran yang sesuai dengan karakter dalam film.

  • Riset awal

Riset yang dilakukan harus sangat detail, tetapi kalau mau sederhana, kita bisa saja browsing dulu di internet atau bertanya kepada. Kita catat data-data yang kita dapat tadi sebagai bahan referensi. Setelah data tersebut terkumpul data tersebut akan menjadi bahan riset yang akan disajikan sedemikian rupa menjadi cikal bakal film yang akan dibuat.

 

sekolah filmSebelum membuat film sebenarnya ada baiknya anda belajar mengenai apa makna film itu sendiri. IDS (Internasional Desaign School) merupakan sebuah sekolah yang mempunyai visi Menjadi pilihan utama institusi pendidikan yang melahirkan creative leader berintegritas tinggi, berwawasan teknologi dan siap kerja di industri kreatif Internasional dan bermisi Mendidik dan memfasilitasi mahasiswa untuk berkarya sesuai dengan standar kompetensi yang dibutuhkan industri kreatif Internasional. Sebagai pilihan anda dapat Sekolah Film dengan menggunakan IDS sebagai sarana belajar anda.