model kitchen set
model kitchen set

Kitchen set atau disebut juga dengan kitchen cabinet merupakan komponen penting yang akan memadukan fungsi dan nilai keindahan dalam satu kesatuan. Dengan memiliki kitchen set yang baik, maka dapur anda yang biasanya terlihat berantakan dan sulit untuk rapi akan berubah menjadi lebih indah dan membuat anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lebih mudah.

Kitchen set yang baik juga akan mengakomodasi ketersediaan tempat dengan aktivitas penggunanya sehingga fungsinya lebih optimal, dan nilai keindahan tetap terjaga. Bagi anda yang memiliki ruang dapur tidak begitu luas, anda tidak perlu berkecil hati karena anda masih bisa memilih model kitchen set yang tepat, seperti yang bisa anda pilih di IKEA. Berikut ini kami berikan tips memilih kitchen set untuk dapur sempit.

model kitchen set
model kitchen set
  1. Sesuaikan dengan fungsi dapur

Dalam memilih model kitchen set yang tepat, pertama-tama anda harus menyesuaikannya dengan fungsi dapur. Jika dapur anda hanya digunakan untuk memasak, maka pertimbangkan berapa peralatan masak yang diperlukan, atau dapur juga digunakan untuk tempat makan, maka anda juga harus mempertimbangkan tempat untuk menyimpan tempat makan, pertimbangkan pula berapa jumlah anggota keluarga.

2. Tentukan model

Di pasaran, ada banyak model kitchen set yang bisa dipilih, seperti diantaranya model lurus (single line) dan huruf L (L-shaped kitchen). Masing-masing model ini memiliki nilai keindahan yang disesuaikan dengan pemilihan warna, ukuran, dan lainnya. hal terpenting, kitchen set harus mampu memudahkan kegiatan utama di dapur yakni memasak, mencuci, dan menyimpan.

3. Tentukan bahan material

Ada beberapa bahan material yang bisa anda pilih seperti kayu solid atau kayu utuh dari bahan kayu jati, plywood seperti multipleks atau tripleks, partikel board, dan lainnya. Setiap bahan material menawarkan kelebihannya masing-masing seperti ketahanan dan kemudahan dalam perawatannya.

4. Pemasangan kuat

Hal penting lainnya adalah pemasangan kitchen set harus kuat untuk menyangga barang yang disimpan di dalamnya. Umumnya kitchen set minimalis dipasang merapat ke dinding dengan bagian atas yang menggantung di dinding. Periksa dengan baik kekuatan pemasangan kitchen set di bagian atas tersebut.

Demikianlah 4 tips penting dalam memilih model kitchen set yang tepat untuk dapur sempit, semoga bermanfaat.