Ini Dia Resep-resep Makanan Berbahan Dasar Tempe
Ini Dia Resep-resep Makanan Berbahan Dasar Tempe
Ini Dia Resep-resep Makanan Berbahan Dasar Tempe
Ini Dia Resep-resep Makanan Berbahan Dasar Tempe

Siapa sih yang tidak kenal dengan tempe? Makanan yang dikenal dengan makanan murah meriah ini menjadi salah satu makanan favorit bagi kebanyakan orang dari berbagai  kalangan karena rasanya yang enak serta mengandung banyak gizi.  Tempe mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak, protein, serat, karbohidrat, isoflavon, berbagai vitamin seperti vitamin A, B komplek, D, E dan K. Dengan begitu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan kadar kolesterol, pencegah anemia, dapat melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat ibu menghidangkan tempe, tentu keluarga anda akan mudah bosan apabila disajikan dengan begitu-begitu saja. Maka dari itu, kami mempunyai resep resep makanan berbahan dasar tempe yang bisa ibu sajikan kepada keluarga tercinta. Berikut beberapa di antaranya:

  • Tempe Goreng Crispy

Untuk membuat tempe goreng crispy, bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 papan tempe yang telah di iris tipis, 125 gr tepung terigu, 2 sdm tepung beras, 3 siung bawang putih, 1 batang daun bawang yang telah di iris tipis, ½ sdt ketumbar, 1 sdt kaldu ayam, 1 sdt garam dan terakhir air dingin secukupnya. Cara membuatnya, tumbuk bawang putih dan ketumbar serta garam sampai halus. Siapkan wadah, lalu masukan tepung terigu dan tepung beras. Tambahkan bumbu halus yang telah dibuat, kaldu ayam dan air secukupnya, pastikan agar tidak terlalu encer. Masukan tempe satu persatu, lalu goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan sajikan.

  • Oseng Tempe Pedas

Untuk membuat tempe oseng pedas, bahan yang diperlukan adalah 1 papan tempe potong kotak kecil-kecil lalu goreng, 100 gr kacang tanah, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk iris tipis, 2 cm lengkuas lalu memarkan, 50 gr gula merah lalu parut halus. 2 sdm air asam jawa dan terakhir 2 sdm minyak goreng. Lalu siapkan bahan untuk bumbu halus. diantaranya 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih , 2 buah cabe rawit, 3 buah cabe merah besar. Cara membuatnya, tumis bumbu halus beserta daun jeruk dan daun salam sampai harum. Tambahkan gula sambil diaduk-aduk, lalu masukan temp,  kacang tanah dan air asam jawa dan aduk kembali. Tunggu hingga bumbu benar-benar meresap, setelah matang angkat dan sajikan.
Itulah resep resep makanan berbahan dasar tempe yang bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba!