makanan sehat untuk anak
makanan sehat untuk anak

Anak usia balita hingga remaja merupakan anak dalam masa usia pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa itu seorang anak tentu membutuhkan dukungan dari kedua orang tua, mulai dari kasih sayang, pemberian stimulasi, dan perlunya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak dan fisiknya.

makanan sehat untuk anak
makanan sehat untuk anak

Dalam memenuhi nutrisi yang diperlukan otak dan fisiknya, anda tentu harus memberikan makanan sehat untuk anak agar ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas dikemudian hari. Makanan yang mengandung berbagai sumber gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin perlu anda jadikan sebagai menu utama dalam sajian piring si kecil setiap hari. Selain itu, kandungan zat besi, kalsium, serat dan kandungan gizi lainnya juga perlu anda perhatikan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak menjadi lengkap dan terpenuhi.

Beberapa jenis makanan berikut dapat anda jadikan sebagai menu makanan sehat untuk anak yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pentingnya :

  1. Gandum, yang banyak mengandung serat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Gandum juga merupakan sumber karbohidrat yang dapat menambah energi pada si kecil dalam beraktivitas di setiap hari. Gandum bisa diolah menjadi sereal dan dijadikan sebagai menu sarapan sehat untuk anak.
  2. Daging, yang kaya akan protein dan zat besi yang juga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan dan cara kerja otak serta mendukung sistem kekebalan tubuh pada anak.
  3. Ikan juga merupakan makanan berprotein yang baik untuk kesehatan otot dan tulang si kecil. Jenis ikan salmon, tuna, dan sarden juga kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata, saraf dan perkembangan otak anak.
  4. Keju, mengandung protein, fosfor, vitamin D dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang anak. Keju bisa anda jadikan sebagai isian roti tawar yang anda sajikan dalam menu sarapan sehat anak selain sereal.
  5. Buah-buahan dan sayuran, terutama yang berwarna cerah seperti pepaya, labu, tomat, wortel dan ubi jalar yang mengandung beta karoten dan akan menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, dan memperbaiki jaringan tubuh si kecil.
  6. Susu, sebagai sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot anak juga sebagai pelengkap dari makanan empat sehat lima sempurna. Anda bisa memilih susu dancow sebagai pelengkap nutrisi yang diperlukan dalam tumbuh kembang otak dan fisik si kecil

Memberi makanan sehat untuk anak berarti menerapkan pola hidup sehat terhadap anak, dan tentu akan berpengaruh juga terhadap pertumbuhan fisik dan tingkat kecerdasannya di hari kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here