Cincin Berlian Wanita
Cincin Berlian Wanita

Wanita sangat menyukai perhiasan, termasuk cincin dengan hiasan batu permata. Saat ini desain perhiasan juga berkembang semakin baik karena permintaan yang semakin tinggi. Salah satu cincin yang semakin populer dan tak pernah lekang oleh waktu adalah cincin berlian wanita. Cincin dengan hiasan berlian terlihat berkilau karena memiliki kecantikan luar biasa. Bahkan banyak toko perhiasan yang telah menyediakan cincin berhias berlian sehingga tak lagi terkesan langka.

Meskipun banyak yang menjual berlian, tetapi Anda tidak boleh sembarangan membelinya. Sebab ada beberapa penjual tak bertanggungjawab yang mungkin akan menjual berlian palsu. Sebelum membeli cincin berlian, pastikan Anda mengetahui beberapa ciri berlian asli.

Bagaimana Saja Ciri-ciri Berlian Asli?

Cincin Berlian Wanita
Cincin Berlian Wanita

Mengingat semakin banyak toko perhiasan yang berdiri, Anda harus pandai dalam memilih penjual. Perhatikan beberapa tips berikut ini untuk mengetahui produk berlian asli:

1. Tidak Mudah Tergores

Berlian asli memiliki kekuatan yang besar, kokoh, serta tetap tahan lama. Sebuah berlian asli tidak hanya cantik, tetapi juga tidak mudah tergores. Pastikan Anda tidak hanya tergiur dengan kecantikannya saja, tetapi perhatikan kualitasnya dengan baik.

Untuk menguji keaslian berlian dari goresan, Anda bisa mencoba menggoreskan berlian pada kaca. Jika berlian tersebut tergores, maka bisa dipastikan bahwa itu bukan produk berlian asli. Berlian yang asli tidak akan ikut tergores.

2. Daya Tahan Tinggi

Bukan hanya tidak akan tergores, tetapi berlian yang asli juga memiliki daya tahan atau kekuatan tinggi. sehingga tidak akan mudah rusak maupun retak. Tingkat kekerasan yang dimiliki oleh berlian bisa mencapai 10 skala Mohs. Inilah kelebihan berlian yang patut dikagumi karena bisa digunakan dimanapun tanpa khawatir terbelah atau retak.

Anda harus memperhatikan tingkat ketahanan yang dimiliki berlian Anda dengan teliti. Jika berlian mudah terbelah dan reta, kemungkinan besar itu bukanlah produk asli.

3. Harga Berlian Mahal 

Karakteristik berlian berikutnya dapat dilihat dari segi harga. Berlian yang asli memiliki harga yang mahal sehingga tidak mungkin dibanderol harga murah. Berlian merupakan batu mulia langka yang proses pembentukannya membutuhkan waktu lama, sehingga wajar jika harga yang dimiliki juga mahal. 

Jangan pernah tergiur dengan berlian murah, karena berlian yang asli pasti berharga mahal dengan kualitas yang juga terbaik.

4. Berlian Tidak Berkabut

Berlian yang asli tidak akan berkabut, sebab berlian mampu menghantarkan panas. Jika Anda menghembuskan nafas ke berlian, panas dari nafas itu akan disebarkan dengan baik sehingga berlian tidak akan berkabut.

Tes kabut ini merupakan cara paling praktis yang sering digunakan untuk menguji keaslian dari suatu berlian. Jangan lupa untuk menerapkan cara ini juga untuk menguji keaslian berlian Anda.

5. Berlian Tahan Panas

Berlian yang asli tidak mudah retak dan bisa tahan panas. Cara untuk mengetesnya adalah panaskan batu berlian Anda kira-kira 30 atau 40 detik, lalu coba masukkan ke dalam air.

Berlian yang asli akan tetap terlihat cantik dan tidak retak. Sebaliknya, jika batu retak dan rusak maka kemungkinan besar itu adalah berlian palsu.

Jika Anda mencari cincin berlian asli, langsung saja beli ke ahlinya. Di Indonesia, retail berlian terkenal adalah Mondial dan Miss Mondial Jeweler yang menyediakan berbagai macam perhiasan berkualitas. Semua cincin berlian wanita yang dimiliki oleh toko ini telah bersertifikasi sehingga dapat dipercaya.