Perkembangan motorik
Perkembangan motorik

Pertumbuhan motorik halus dan kasar pada anak seringkali tidak seimbang. Pada artikel ini akan dibahas cara meningkatkan motorik halus pada anak apabila pertumbuhan motorik halus pada anak kurang dibanding motorik kasarnya, diantaranya dengan latihan menulis dan menggambar.

Perkembangan motorik pada fase anak-anak merupakan periode emas dalam masa pertumbuhan. Motorik terbagi pada dua macam, yaitu; motorik halus dan motorik kasar. Motorik halus memiliki kecenderungan untuk lebih teliti dan melakukan aktivitas, sedangkan motorik kasar memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam hal olahraga. perkembangan keduanya mestilah seimbang, lalu bagaimana apabila motorik halus tidak seimbang dengan motorik kasar? Misalnya motorik kasar lebih baik di banding motorik halus, bagaimana cara meningkatkan motorik halus bagi anak?

Salah satu latihan yang paling efektif dalam melatih motorik halus ialah dengan cara berulang-ulang atau berkesinambungan, misalnya dengan menulis dan menggambar. Belajar menulis merupakan salah satu cara untuk melatih motorik halus. Saat menulis, anak dituntut untuk lebih hati-hati agar tulisan tersebut bisa dibaca, rapi atau tidak keluar garis. Selain itu, dengan latihan menulis pun anak dituntut untuk berkreativitas dalam membentuk berbagai macam huruf. Selain menulis, menggambar bisa menjadi salah satu cara melatih motorik halus pada anak.

Berbeda dengan menulis, menggambar merupakan cara latihan yang lebih sulit bagi anak. Saat menggambar, anak dituntut lebih banyak sehingga menjadikan anak lebih banyak berkreativitas. Pada tahap pertama, anak dituntut untuk membayangkan gambar apa yang akan mereka buat. Selanjutnya anak akan dilatih bagaimana cara menuangkan pikiran atau ide pada kertas.

Selanjutnya anak akan dilatih dalam kerapian dalam menggambar, baik itu membuat garis, kotak atau berbagai macam bentuk yang hendak dibuat. Dan terakhir anak akan diarahkan saat mewarnai gambar. Penentuan gambar dan mewarnai gambar agar tidak keluar garis merupakan cara yang sangat baik menuntun anak untuk lebih baik motorik halusnya.

Dari cara diatas, diharapkan motorik halus anak akan bisa tumbuh lebih baik lagi. Perkembangan motorik yang seimbang antara motorik halus dan motorik kasar merupakan salah satu cara agar anak bisa tumbuh dengan baik, lebih khusus lagi agar gerak anak lebih sempurna. Otot, otak dan saraf diharapkan mestimulasi gerak dengan seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here