anting berlian asli
anting berlian asli

Berlian merupakan batu permata yang memiliki nilai ekonomi yang fantastik karena keindahannya. Biasanya berlian digunakan sebagai perhiasan untuk mempercantik diri. Berlian dapat digunakan pada kalung, cincin, gelang atau pun anting. Anda dapat terlihat glamor dan elegan dalam pesta cukup dengan menggunakan anting berlian asli yang bagus.

Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Sebelum membeli berlian Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui keaslian berlian tersebut mengingat harganya yang mahal. Mengetahui keaslian berlian cukup mudah dilakukan sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui berlian asli.

Menggunakan Loupe

Loupe merupakan alat yang biasanya digunakan untuk melihat keaslian berlian. Alat ini sejenis dengan kaca pembesar. Berlian yang asli umumnya memiliki tepi yang tajam sedangkan berlian palsu memiliki ujung yang bulat.

Berlian Asli Tidak Tergores

Berlian merupakan batuan yang terbentuk karena tekanan suhu tinggi pada kedalaman yang sangat dalam di perut bumi. Batu berlian memiliki struktur yang padat sehingga tidak mudah tergores meskipun digosok dengan amplas kasar sekalipun. Berlian palsu mengandung bahan sintetis cubic zirconias yang membuatnya mudah tergores.

Mengetes Berlian Dengan Embun

Menguji berlian dengan embun atau lebih dikenal dengan fog test yaitu dengan meletakkan belian di depan mulut. Selanjutnya hembuskan nafas ke arah berlian, jika embun yang dihembuskan cepat menghilang maka bisa dipastikan belian tersebut asli. Hal ini dikarenakan berlian berlian asli memiliki konduktivitas panas yang baik.

Bayangan Berlian

Anda dapat mengetahui keaslian berlian dengan melihat bayangan yang dihasilkan. Pantulan warna berlian asli yaitu putih dan abu-abu. Cara melihatnya yaitu lurus dari atas berlian, berlian yang memantulkan warna pelangi berarti berlian tersebut memiliki kualitas yang rendah atau bahkan palsu.

Meletakkan Berlian Di Atas Buku

Ketika berlian asli diletakkan di atas buku yang terdapat tulisan maka tulisan tersebut tidak akan tampak. Belian asli memiliki struktur yang dapat menghalangi cahaya masuk sehingga tulisan tidak dapat terlihat. Namun, jika Anda dapat membaca tulisan yang terdapat berlian di atasnya maka kemungkinan besar berlian itu palsu.

Jenis-Jenis Anting Berlian

anting berlian asli

Berlian bukan hanya untuk wanita namun juga laki-laki. Namun, jenis perhiasan anting memang lebih cocok untuk kaum wanita. Berikut adalah beberapa jenis anting berlian.

Anting Berlian Eropa

Orang-orang eropa dulu percaya bahwa anting berlian merupakan sebuah azimat. Di Perancis, berlian pertama kali dikenakan oleh raja Louis yang dipadukan dengan emas putih. Dari sinilah awal mula muncul industri yang membuat perhiasan anting dengan logam emas putih dan berlian.

Anting Berlian Klasik

Perhiasan berlian klasik ini berbentuk giwang. Bentuknya yang sederhana membuatnya banyak diminati wanita karena membuat penampilan pemakaiannya lebih elegan. Anting berlian klasik cocok digunakan saat pesta atau santai.

Anting Berlian Hitam

Sesuai dengan namanya anting ini mengandung berlian hitam. Batu berlian hitam banyak ditemukan di wilayah afrika tengah dan selatan. Meskipun berlian hitam ini termasuk yang susah dicari dan dipotong namun berlian ini harganya masih lebih rendah daripada berlian tanpa warna. Berlian hitam banyak diminati oleh pria karena terlihat lebih maskulin ketika memakainya.

Berlian Anting Bulat

Model anting berlian buat cocok digunakan untuk wanita yang memiliki bentuk muka oval karena akan membuat wajahnya terlihat lebih proporsional. 

Anting Berlian Anak

Berlian lebih banyak diperuntukkan untuk wanita dewasa untuk mempercantik penampilannya. Namun ada pula anting berlian yang didesain untuk anak-anak dengan model yang lebih lucu dan menarik sehingga cocok digunakan untuk anak-anak.