Sumber: youtube.com

Anak kecil memang sangat suka dengan boneka, terutama anak perempuan. Namun, tak jarang beberapa orang dewasa masih menyimpan dan memilikinya. Baik itu hadiah dari orang tersayang, maupun membelinya sendiri. Bagi mereka, boneka itu mempunyai kenangan tersendiri sehingga perlu dijaga dengan baik. 

Mengingat boneka memiliki bahan berbulu dan mudah sekali terkena kotor dan debu, maka sebagai pemiliknya kamu perlu memberikan perawatan pada boneka serta menjaga kebersihannya dengan benar. Untuk membersihkan boneka, sebenarnya kamu tidak harus selalu menggunakan jasa laundry lho, mencuci sendiri di rumah juga gak ada salahnya. Ini juga akan membantu menghemat pengeluaran kamu nantinya. Ingin tahu gimana cara mencuci boneka yang benar biar tetap bagus? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mencuci boneka supaya gak rusak. 


1. Periksa Label yang Ada di Boneka

Sumber: merdeka.com

Sebelum melakukan kegiatan mencuci, ada baiknya cek terlebih dahulu label yang ada di boneka. Umumnya, label tersebut memberikan petunjuk mengenai perawatan boneka yang benar. Bacalah dengan teliti label tersebut, apakah boneka perlu di cuci dengan mesin atau dengan manual? Periksa lagi, apakah air suhu normal atau air hangat yang digunakan? Semua petunjuk yang terdapat di boneka akan memudahkan kamu buat merawat boneka dengan baik.\


2. Ingin Mencuci dengan Mesin Cuci? Perhatikan Hal Ini!

Sumber: wowkeren.com

Kalau kamu berniat mencuci boneka dengan menggunakan mesin cuci, disarankan untuk mengatur mode cuci yang paling pelan dan lembut supaya tidak merusak boneka saat lagi di cuci. Jangan terlalu banyak memasukan boneka ke dalam mesin cuci, karena akan membuat mesin cuci LG jadi cepat rusak. Selain itu, gunakanlah detergen lembut dan air dingin untuk mencuci. Jika boneka yang ingin kamu cuci terdapat sebuah aksesoris seperti baju, kalung dan sebagainya, ada baiknya di lepaskan terlebih dahulu. Pastikan juga, tali boneka tidak ada yang lepas agar proses mencuci jadi lebih efektif dan cepat. 


3. Pakai Sikat Gigi Buat Mencuci Manual

Sumber: pinterest.com

Bagi kamu yang hendak mencuci boneka dengan manual, pakailah sikat gigi untuk membantu membersihkan kotoran dan noda yang menempel pada boneka. Bulu halus pada sikat gigi tidak bakal membuat tekstur pada permukaan boneka jadi rusak. So, sangat disarankan sekali menggunakan sikat gigi buat membersihkan boneka dengan manual. Supaya boneka bersih dengan maksimal, pakailah detergen lembut serta air dingin. 


4. Keluarkan Busa Sabun Pada Boneka dengan Cara Ditekan

Sumber: wowkeren.com

Setelah boneka dicuci dengan benar, taruhlah boneka kamu di dalam wadah berisi air, dan tekan boneka agar busa sabun yang diserap boneka keluar. Metode ini juga membantu mengeluarkan kotoran dan debu sehingga boneka bisa bersih dengan maksimal. Lakukanlah cara ini sampai boneka terbebas dari kotoran dan busa sabun. Jika sudah, maka bilas boneka pakai air bersih.


5. Keringkan Boneka dengan Benar

Sumber: mapio.net

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, maka metode selanjutnya adalah dengan mengeringkan boneka. Keringkanlah boneka milikmu dengan diangin-anginkan sampai kering. Metode satu ini cukup efektif agar boneka bisa kering maksimal serta tidak menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu.

Sangat mudah bukan? Yuk, langsung saja terapkan cara di atas ini supaya boneka kesayangan kamu jadi lebih bersih dan wangi. Semoga bermanfaat buat kalian semua.