Pinjaman jaminan sertifikat rumah
Pinjaman jaminan sertifikat rumah

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pinjaman. Salah satunya yaitu dengan memilih produk pinjaman jaminan sertifikat rumah. Namun, jangan mengajukannya ke pihak-pihak yang tidak kredibel. Pasalnya, pinjaman jenis ini tergolong sensitif dan harus sesuai dengan ketentuan hukum agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Lalu, bagaimana cara yang ideal dan aman untuk mengajukan pinjaman ini? Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan agar pinjaman dengan jaminan sertifikat Anda aman dan terjamin:

Pinjaman jaminan sertifikat rumah
Pinjaman jaminan sertifikat rumah

1.  Pilih Perusahaan Pembiayaan Atau Lembaga Keuangan

Gadaikan sertifikat tanah Anda hanya pada pihak-pihak yang memiliki kredibilitas bagus dan juga terbukti keamanannya. Anda bisa memilih perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan. Hal ini akan jauh lebih aman dibandingkan dengan Anda menggadaikan sertifikat ke perorangan.

Perusahaan pembiayaan dan lembaga keuangan sudah dinaungi hukum. Selain itu, persyaratan dan ketentuannya pun menguntungkan kedua belah pihak.

2.  Pilih Perusahaan yang Sudah Terdaftar di OJK

Pilih juga perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan  yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pasalnya, OJK akan memberi perlindungan bagi para nasabah yang ingin mengajukan pinjaman di perusahaan atau lembaga keuangan terkait.

Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dengan sistem yang jauh lebih aman.

3.  Ketahui Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Persyaratan pada masing-masing perusahaan atau lembaga keuangan relatif berbeda-beda. Jadi, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja persyaratannya. Setelah itu, silahkan Anda ajukan permohonan untuk mengajukan pinjaman dengan menjadikan sertifikat rumah sebagai agunan atau jaminan.

4.  Perhatikan Suku Bunga

Sebelum mengajukan pinjaman, alangkah baiknya Anda mengetahui berapa suku bunga yang ditawarkan oleh pihak terkait. Tujuannya agar Anda tahu seberapa besar pembayaran yang nantinya Anda bayarkan kepada pihak terkait.

Pilihlah suatu lembaga atau perusahaan yang menawarkan suku bunga kompetitif. Tujuannya agar pinjaman Anda tidak akan membebani finansial Anda di masa yang akan datang.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berencana mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. Bagi Anda yang berencana mengajukannya, silahkan pilih BFI sebagai solusi perusahaan pembiayaan yang kredibel dan terpercaya. BFI menawarkan suku bunga yang kompetitif.