Sopan Santun
Sopan Santun

Sopan santun harus diajarkan sedini mungkin kepada anak. Beberapa kebisaan yang bisa orang tua terapkan yaitu dengan membiasakan berterima kasih, mencontohkan berbuat kebaikan, serta membuadayakan berkata maaf saat salah.

Tingkat kecerdasan seorang anak belum bisa menjamin memiliki karakter yang baik. Faktanya saat ini banyak anak yang memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada anak – anak zaman dulu. Tetapi sikap sopan santun anak zaman sekarang semakin menurun dengan drastis. Walaupun pembelajaran sopan santun sering diajarkan di sekolah, tetapi sikap sopan santun menjadi hal yang sulit dimiliki oleh seorang anak.

Pendidikan sopan santun yang paling pertama dan utama bagi seorang anak berasal dari keluarganya sendiri. Baik buruknya sikap seorang anak tidak bisa menyalahkan kondisi lingkungan ataupun pengajaran di sekolah. Karena banyak waktu yang anak habiskan di rumah dan di didik oleh orang tuanya dan sopan santun pun adalah suatu hasil dari proses pembiasaan yang di bentuk dalam jangka waktu yang panjang.

Hal yang paling penting dalam proses mengajarkan sopan santun pada anaknya dengan memberikan teladan yang baik sebagai orang tua. Mulailah membudayakan sikap – sikap positif pada anak sedini mungkin seperti sikap – sikap berikut ini:

  1. Berterima kasih

Biasakan mengucapkan terima kasih kepada siapa pun dan kapan pun.  Baik itu dalam hal kecil maupun dalam hal besar. Dengan membiasakan mengucapkan terima kasih membuat anak terbiasa menghargai kebaikan orang lain serta mendidik anak menjadi orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan kepadanya.

2. Berbuat kebaikan

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Kelebihan yang dimiliki seseorang dapat digunakan untuk membantu orang lain dengan berbuat kebaikan. Mencoba memberikan teladan kepada anak – anak dalam berbuat kebaikan, supaya anak membiasakan diri untuk berbuat baik seperti orang tua nya.

3. Meminta maaf

Budaya meminta maaf harus diajarkan sedini mungkin supaya anak mengetahui perbuatan – perbuatan yang dapat dilakukan dan perbuatan yang tidak boleh dilakukan. Walaupun hal kecil dan melakukannya pada keluarga terdekat, tetap saja harus di ajarkan budaya minta maaf. Agar anak dengan mudah meminta maaf kepada orang lain jika salah di masa depan kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here