belajar berhitung
belajar berhitung

Berhitung merupakan salah satu pelajaran yang terkadang sangat ditakuti oleh putra putri kita, hal ini dikarenakan berhitung merupakan suatu keahlian yang dianggap sulit oleh sebagian anak. bagaimanakah cara untuk belajar berhitung yang menyenangkan? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang ada di benak bunda karena bunda ingin putra putri bunda bisa berhitung tanpa membuat mereka menjadi tertekan.

belajar berhitung
belajar berhitung

Berikut adalah beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mengajak putra putri bunda belajar berhitung. Namun dengan suasana yang menyenangkan, terkadang anak tidak mengetahui bahwa dirinya senang belajar berhitung.

  1. Libatkan anak saat melakukan belanja di toko, belanja adalah salah satu kegiatan yang dapat melatih anak untuk berhitung terutama berhitung tentang uang. Ajaklah buah hati kita saat memilih barang belanjaan, ajarkan pada mereka untuk membandingkan mana harga yang lebih murah dengan spesifikasi produk yang sama, selain itu ajak mereka juga ketika melakukan pembayaran sehingga mereka mengetahui berapa yang harus di bayar dan berapa uang yang harus diterima sebagai kembalian.
  2. Libatkan anak ketika melakukan kegiatan memasak, memasak juga dapat menjadi salah satu media belajar berhitung yang baik, saat anda memasak ajak buah hati anda untuk turut berperan aktif, misalkan untuk menuangkan terigu, gula ataupun garam. Sambil menuangkan ajak anak anda berhitung misalkan sendok pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Libatkan anak anda ketika hendak memindahkan saluran televisi, saluran televisi saat ini tersedia banyak sekali bahkan hingga puluhan chanel hal ini dapat menjadi salah satu media belajar berhitung yang menarik bagi buah hati anda. Anda dapat mengajarkan berbagai jenis angka penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media televisi ini.

Begitu banyak kegiatan di rumah yang dapat anda manfaatkan untuk media belajar berhitung. Oleh karena itu,  anda tidak memerlukan waktu khusus untuk mengajarkan anak belajar berhitung. Dengan cara dan media tersebut membuat anak menjadi aktif , kreatif , percaya diri, dan merasa dibutuhkan di samping dari tujuan utamanya yaitu belajar berhitung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here