ibu dan anak
ibu dan anak

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita selaku orang tuanya. Karena itu, kita harus mendidik dan merawat anak dengan baik agar ia tumbuh menjadi anak yang baik, sehat, dan cerdas.

Diantara Ayah dan Ibu, tak bisa dipungkiri jika anak lebih dekat dengan ibunya. Kedekatan ibu dan anak ini harus dimanfaatkan dengan baik agar anak tumbuh dengan baik pula. Ibu seolah menjadi sekolah anak yang utama dalam mengajarkan nilai – nilai kehidupan untuk membangun karakter dan kecerdasan anak.

Mungkin, pernah terlintas di benak kita mengapa kedekatan antara ibu dan anak lebih besar dibanding ayah dan anak padahal anak terlahir karena ada peran ayah dan ibu dan keduanya berada diposisi yang sama sebagai orang tua.

Ini terjadi tentu ada beberapa alasannya seperti yang diuraikan berikut ini:

  1. Ingat ketika bayi anak hanya diberikan ASI oleh ibunya? Tahukah anda jika salah satu manfaat ASI adalah untuk menguatkan batin antara ibu dan anak, sehingga tak salahlah jika anak lebih dekat dengan ibunya.
  2. Ayah biasanya bersikap lebih kaku dibanding ibunya, terutama dalam mengurus anak mulai dari memandikan, memakaikan baju, menyuapi, dan menina bobokan anak.
  3. Ayah lebih banyak menghabiskan peran di luar rumah untuk mencari nafkah, sementara ibu lebih berperan dalam mengurus rumah dan anak sehingga jelaslah waktu bersama ibu lebih banyak dibanding bersama dengan ayahnya.
  4. Ibu adalah seorang wanita dimana perasaannya lebih kuat sehingga ibu yang sangat perasa ini pun cenderung lebih memahami keinginan anak dan perasaan anak dibandingkan dengan ayahnya ataupun anggota keluarga lainnya.
  5. Ibu lebih aktif berbicara dengan anak dibandingkan dengan ayahnya meskipun terkadang ibu seolah seperti cerewet terhadap anak, namun tetap saja anak tidak merasa terganggu dengan cerewetnya sang ibu

Kedekatan antara ibu dan anak sejatinya akan terus terjaga hingga anak tumbuh dewasa. Dengan demikian, maksimalkan perhatian anda, pendidikan anda dan perawatan anda terhadap anak sebaik mungkin seperti halnya Dancow yang juga ikut mendukung tumbuh kembang si kecil dari bayi hingga dewasa. Dancow selalu memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya.