Semua orang pastinya tidak ingin salah beli perhiasan emas, kan? Ketika berniat membeli perhiasan emas asli, tapi mendapatkan perhiasan palsu tentu saja akan mengecewakan. Oleh sebab itu, Anda harus paham mengenai cara mengetahui emas asli atau palsu

Setidaknya ada 3 standar penting yang harus Anda pahami saat membeli perhiasan emas. Anda perlu mengecek 3 standar tersebut yang berupa gold colors, gold karat, dan juga gold purity. Selengkapnya bisa Anda lihat di artikel ini!

Uji Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Langsung saja, berikut ini adalah penjelasan mengenai standar untuk mengetahui emas asli atau palsu:

1. Gold Colors

Standar pertama yang harus Anda pahami sebelum membeli perhiasan emas asli adalah warna atau colors. Perlu Anda ketahui bahwa emas memiliki warna yang semakin beragam. Beberapa warna emas yang paling populer yaitu yellow gold, white gold, dan rose gold

Warna tersebut hadir dari logam yang dicampur dengan emas murni agar lebih solid atau tahan kuat. Rose gold mendapatkan tambahan logam tembaga atau sedikit perak. Sedangkan white gold mendapatkan tambahan warna putih dari perak atau palladium.

2. Gold Karat

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perhiasan emas terjangkau adalah emas palsu. Harga perhiasan emas tergantung dari kualitas emas, salah satunya yaitu karat. Karat adalah kemurnian emas yang terkandung dalam perhiasan yang Anda beli.

Emas murni memiliki tingkat karat sebesar 24K. Selanjutnya, emas tersebut akan dicampur dengan logam lain agar lebih kuat sehingga nilai karat atau kemurniannya berkurang. Emas 18K memiliki tingkat kemurnian 75%. Selain emas 18K, ada juga emas 9K, 10K, 12K, 14K, dan lain sebagainya.

3. Gold Purity

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang terakhir yaitu menghitung gold purity sendiri. Purity menyatakan kandungan logam mulia pada perhiasan emas setra mewakili kemurnian dalam satuan per seribu. Ada alat khusus yang bisa mengidentifikasi kemurnian emas secara otomatis.

Rekomendasi Perhiasan Emas Asli dari The Palace Jeweler

Cara terbaik untuk mendapatkan perhiasan emas asli adalah membeli di tempat yang tepat. The Palace Jeweler adalah tempat yang tepat untuk membeli perhiasan emas. Brand satu ini memiliki tag #Therlengkap, #Thermurah, dan #Therjamin sehingga tidak perlu Anda ragukan. Berikut ini beberapa rekomendasi perhiasan emas asli yang bisa Anda pilih:

1. Kalung Liontin Nusantara Nusa Ratnaya

Kalung satu ini termasuk dalam koleksi Nusantara seri Nusa yang mewakili Indonesia bagian barat. Terinspirasi dari siluet perhiasan Pending yang begitu bermakna dan simbolik. Kalung liontin Nusa Ratnaya menggunakan satu berlian round cut indah sebagai center stone yang memikat mata. Material emas yang digunakan adalah rose gold.

2. Gelang Crush Arrow

Jika Anda menyukai gelang, maka Anda bisa mempertimbangkan gelang Crush Arrow ini. Gelang satu ini menawarkan dua pilihan warna yaitu yellow gold dan white gold. Keunikannya ada pada batu permata yang dipakai berupa pink sapphire yang begitu unik dan berbeda. 

3. Cincin Hers

Cincin Hers terinspirasi dari keindahan wanita yang memakai pita. Jadi, desain utama dari perhiasan emas ini adalah bentuk pita dengan hiasan batu permata putih yang indah. Bentuk batu permata yang digunakan adalah pear shape sebagai center stone dan juga round shape yang berjejer pada bagian rangkanya.

Itulah informasi dan pembahasan mengenai cara mengetahui emas asli atau palsu. Jika ingin mendapatkan rekomendasi perhiasan emas lainnya dari The Palace Jeweler, Anda bisa langsung ke gerai terdekat. Anda juga bisa melihat semua koleksinya di website ataupun akun media sosial.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours