jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Tidak hanya sekadar mempelajari komputer, namun juga tentang pengolahan data serta teknologi dengan menggunakan prinsip logika. Jurusan teknik informatika adalah jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi yang banyak mempelajari ilmu tentang komputer. 

Persaingan ketat untuk memperebutkan posisi di jurusan ini tidak aneh lagi. Perbandingan mahasiswa yang berhasil lolos dalam jurusan ini adalah 100:1. Di mana hanya ada 1 orang mahasiswa yang bisa masuk, sedang 100 orang sisanya gagal. Jurusan informatika bahkan berhasil menggeser kedudukan jurusan kedokteran sebagai pilihan favorit.

Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Teknik Informatika

Sesuai dengan namanya, di sini akan diajari tentang software,programming dan teknologi jaringan. Mahasiswa diminta untuk menerjemahkan sebuah ide ke bahasa pemograman tertentu. Mahasiswa harus memiliki ketelitian dan keuletan untuk bisa menyelesaikan semua mata kuliah yang diajarkan.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

6 Profesi Bagi Lulusan Jurusan Teknik Informatika

Anda mungkin penasaran, apa pasalnya jurusan teknik informatika sangat diminati? Bahkan mampu menggeser jurusan kedokteran yang selama inienjadi jurusan favorit. Pasalnya banyak peluang kerja yang terbuka lebar bagi lulusan teknik informatika. Begitu pula dengan gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini. Berikut contohnya.

Programmer

Bekerja sebagai Programmer adalah pilihan kebanyakan lulusan jurusan informatika. Terlebih pesatnya perkembangan teknologi saat ini yang sangat membutuhkan Programmer handal. Gaji yang ditawarkan untuk pemula adalah 5 sampai 10 juta. Semakin banyak pengalaman, maka gaji yang diterima juga lebih besar.

Web Designer

Web designer biasa bekerja sama dengan Web Programmer untuk membuat sebuah website. Pekerjaan ini tidak mengikat karena itu lebih banyak dilakukan oleh para freelance. Namun jangan salah, untuk sebuah pembuatan website saja bisa dihargai 4 juta lebih.

Software Developer

Pekerjaan satu ini bertugas untuk membuat sebuah sistem dengan bahasa program yang cukup rumit. Software tersebut bisa dibuat untuk berbagai keperluan yang diinginkan oleh pemiliknya. Gaji yang biasa diterima oleh software developer adalah 8 juta dalam sebulan.

System Analyst

Tugasnya menganalisa sistem yang bekerja dalam perusahaan. Programmer biasa bekerja sama dengan system analyst. Keduanya memastikan sistem dapat bekerja dengan baik tanpa mengalami permasalahan. Gaji perbulan untuk system analyst ini adalah belasan juta. Angka yang menggiurkan bukan?

Software Enginer

Pekerjaan ini mempunyai tugas yang sama dengan Programmer maupun system analyst. Namun karena terdengar mirip dengan software developer, banyak yang mengira keduanya sama. Namun sebenarnya bagi ahli IT, kedua profesi tersebutmemiliki tanggung jawab yang berbeda.

Software Developer bertugas untuk membangun sebuah sistem atau software agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sedang software Enginer yang merancang bentuk sistem tersebut. Gaji yang diterima oleh software enginer juga lebih tinggi dibanding gaji software developer.

Database Enginer

Kehadiran Database Enginer sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Namun job yang diterima mungkin akan berbeda-beda, sesuai dengan keperluan perusahaan yang merekrut. Walaupun begitu, ada persamaan pada tugas yang akan diemban oleh profesi ini.

Para database enginer harus mengumpulkan data yang terekam dari aplikasi kemudian menggabungkannya. Setelah data tersebut terkumpul, yang harus dilakukan adalah membersihkan semua data tersebut. Data yang telah bersih diproses lagi agar masuk ke dalam data warehouse rancangan database enginer. Gaji untuk pekerjaan ini berkisar dari 5 juta untuk pemula.

6 profesi tersebut sangat membutuhkan lulusan dari jurusan teknik informatika. Gaji bagi pemula saja sudah mencapai angka 5 juta. Setelah memiliki banyak pengalaman, maka gaji yang diterima akan semakin meningkat. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang berbondong-bondong ingin masuk jurusan ini.