cara menyembuhkan alergi

Apakah anak Anda menderita pilek, bersin, dan mata gatal? Bantu mereka merasa lebih baik dengan cara menyembuhkan alergi secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Alergi terjadi ketika sistem kekebalan Anda bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu, seperti serbuk sari dari gulma, rumput, atau pohon. Akibatnya, tubuh membuat antibodi dan histamin, yang dilepaskan ke aliran darah untuk melawan zat asing. Ini memulai reaksi peradangan yang menyebabkan gejala seperti bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, dan mata gatal.

Siapa pun dapat mengalami alergi, tetapi umumnya mulai setelah usia 3 tahun, puncaknya pada akhir masa kanak-kanak atau remaja, dan mereda saat dewasa. Bergantung pada lokasi dan alergen Anda, gejala dapat dimulai pada bulan tertentu dan berlangsung hingga akhir musim tersebut. Obat-obatan seperti antihistamin dan semprotan hidung steroid dapat meredakan nyeri, tetapi beberapa metode DIY alami mungkin juga patut dicoba.

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan terbaik untuk alergi musiman yang bisa dicoba sendiri.

cara menyembuhkan alergi
cara menyembuhkan alergi

Hindari Pemicu Alergi

Dokter mengatakan bahwa jika anak Anda rentan terhadap alergi musiman, cara terbaik untuk mengatasi gejalanya adalah menghindari alergen tersebut. Tetap kendalikan jumlah serbuk sari di daerah Anda dan lakukan tindakan yang sesuai. Misalnya, jika Anda tahu bahwa bunga aster atau dahlia adalah pemicu alergi anak Anda, batasi waktu yang mereka habiskan di luar rumah pada hari-hari ketika jumlah serbuk sari tertinggi. Mungkin terlihat kejam untuk membuat anak-anak Anda masuk saat cuaca cerah, tetapi strategi ini sangat membantu, kata para ahli.

Kendalikan Alergen di Rumah Anda

Jaga agar jendela tetap tertutup, terutama saat cuaca sedang hangat, kondisi kering memudahkan serbuk sari bergerak tertiup angin. Pastikan untuk memasang filter pembersih di sistem AC di awal musim dan menggantinya setiap dua hingga tiga bulan sekali. Banyak alergen tumbuh subur di lingkungan yang lembab, jadi gunakan humidifier untuk menurunkan tingkat kelembaban rumah Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) portable.

Lindungi Mata Anak Anda

Mata gatal, merah, dan berkaca-kaca adalah salah satu gejala alergi yang paling memperburuk kehidupan anak Anda. Rasa gatal tersebut berasal dari peradangan pada selaput lendir yang menutupi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam. Cara menyembuhkan alergi untuk ini adalah jauhkan serbuk sari dari wajah anak Anda. Para ahli alergi anak juga menyarankan untuk memakai kacamata hitam dan topi. Anak-anak selalu menyentuh wajah mereka, tetapi dengan aksesori ini, kemungkinan anak Anda untuk menggosok mata akan berkurang.

Cobalah Larutan Garam

Anak-anak yang lebih besar mungkin ingin mencoba irigasi hidung menggunakan larutan garam, baik dari toko obat atau buatan sendiri (kebanyakan petunjuk menyarankan untuk mencampur air sulingan atau air matang dengan garam non-yodium). Ini mengeluarkan lendir untuk meredakan hidung tersumbat.

Gunakan Kompres Dingin

Apakah mata anak Anda gatal karena alergi hidung? Cobalah kompres dingin, ini adalah cara menyembuhkan alergi yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri. Selain itu, ingatkan anak Anda untuk menghindari menggosok mata, karena ini hanya akan memperburuk gatal dan iritasi.

Minum Banyak Air

Ya, H2O biasa bisa menghasilkan keajaiban. Minum cukup setiap hari penting karena bersin dapat membuat anak Anda mengalami kekeringan pada hidungnya. Anak Anda juga dapat menyesap teh herbal, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Terakhir, uap saat mandi atau berendam air hangat dapat membantu membersihkan hidung tersumbat.