Oli Motor Matic
Oli Motor Matic

Oli memiliki fungsi yang vital untuk sebuah kendaraan. Sangat berbahaya jika Anda lupa menganti oli secara rutin, khususnya oli motor matic. Masalah paling ringan saat lupa ganti oli adalah jadi boros BBM. Selain itu, mesin jadi terasa tidak nyaman (jalannya motor tidak mulus lagi). Sedangkan akibat terburuknya, mesin akan menurun performanya, komponen mesin akan rusak, dan menyebabkan harga jual kembali jadi rendah.

Oleh karena itu, menganti oli motor matic secara berkala sangat dibutuhkan. Tapi, jangan sembarangan juga saat akan membeli oli untuk kendaraan Anda ya. Pasalnya, tidak semua jenis oli cocok untuk motor matic Anda. Ada beberapa oli yang memang didesain khusus untuk motor matic dan manual. Jadi harus teliti saat membeli. Berikut tips memilih oli yang tepat untuk motor matic Anda.

Gambar terkait


Sesuaikan Dengan Rutinitas Harian

Sangat perlu menyesuaikan pembelian oli dengan rutinitas harian kendaraan. Misalnya saja, motor digunakan di jalan dengan lalu lintas padat. Sangat disarankan untuk memilih oli yang dapat mengurangi panas mesin. Ini akan sangat berguna saat Anda berada di kawasan lalu lintas padat penduduk. Oli tepat untuk kondisi ini adalah yang memiliki kandungan zat aditifnya. Zat ini mampu mengurangi panas pada mesin.

Kekentalan Yang Pas

Oli memiliki berbagai macam kekentalan. Untuk motor matic, kekentalan oli yang tepat adalah yang memiliki kode SAE 10W-40. Jika oli terlalu kental, akan memberatkan mesin saat menyaring. Mesin jadi terasa berat saat digunakan. Pun demikian dengan oli yang terlalu encer. Oli mudah menguap dan boros.

Jaminan Mutu Jelas

Memilih oli yang tepat juga harus disertai pengakuan dari organisasi professional terkait. Untuk oli motor matic, Anda bisa memilih yang memiliki kode JASO MB. Ini berarti, oli yang Anda pilih sudah mendapat pengakuan mutu dari organisasi Jepang. JASO merupakan kepanjangan dari Japan Automobile Standard Organization.

Pemakaian Lama

Saat ini memang masih sedikit oli yang memiliki kualitas jaminan mutu, namun juga tahan lama. Salah satunya oli yang memiliki paket lengkap tersebut adalah oli dari TOP One. Jika oli biasa hanya bisa digunakan untuk jarak tempuh 3.000-4. 000 maka jenis oli terbaru ini bisa mencapai 5. 000-8. 000 untuk jarak tempuhnya. Hal ini akan membuat pengeluaran untuk oli motor Anda lebih irit.

ini memang masih sedikit oli yang memiliki kualitas jaminan mutu, namun juga tahan lama. Salah satunya oli yang memiliki paket lengkap tersebut adalah oli dari TOP One. Jika oli biasa hanya bisa digunakan untuk jarak tempuh 3.000-4. 000 maka jenis oli terbaru ini bisa mencapai 5. 000-8. 000 untuk jarak tempuhnya. Hal ini akan membuat pengeluaran untuk oli motor Anda lebih irit.

Harga Terjangkau

Selain memiliki kualitas yang terjamin, memilih oli dengan harga terjangkau juga penting. Jangan sampai oli yang Anda pilih membuat bangkrut.

Salah satu jenis oli yang sudah memiliki jaminan mutu dari JASO MB, lebih awet pemakaian, dan memiliki kekentalan yang pas untuk motor matic adalah dari Top One. Ada 3 jenis oli khusus untuk motor matic, yakni Top 1 SMO Action Matic 10W-40, Top 1 SMO Action 10W-30, dan Top 1 SMO Action Matic 20W-40. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan motor matic.