cara top up emoney
cara top up emoney

Semakin lama teknologi akan semakin maju. Dan di era digital ini, semua hal akan dibuat menjadi praktis. Mulai dari transportasi, komunikasi, makanan sampai dengan kemudahan membawa uang. Kalau dulu merasa ribet membawa uang kemana-mana. Sekarang ada kartu yang bisa digunakan sebagai pengganti uang. Namanya emoney. Meskipun ada kartu tersebut, tak sedikit orang masih bingung cara top up emoney miliknya sendiri. 

Sebelum membahas cara top up emoney, ada baiknya ketahui apa itu e money dan bagaimana cara mendapatkannya. E money adalah alat pembayaran yang menggunakan media elektronik. E money juga sering disebut Digital money, Digital Cash, Electronic Cash, atau Digital Currency. Tidak ada perbedaan antar e money dengan uang konvensional, meskipun perbedaannya mencolok. Yang membedakan adalah fleksibilitas dan aksesbilitas dari e money yang tanpa batas. 

cara top up emoney
cara top up emoney

Penggunaan e money diprediksi akan bertambah jumlahnya setiap tahun. Meskipun begitu, penggunaan uang konvensional masih tetap dilakukan. Padahal, penggunaan e money akan mempercepat transaksi dan proses perdagangan. Bahkan ada yang mengatakan, e money tidak mudah dibajak atau diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sangat jelas menggunakan e money lebih aman dari pada memakai uang konvensional. Bukan hanga itu saja, ada beberapa keuntungan lain jika memakaì e money. 

Keuntungan Memakai   E Money

Meskipun sudah banyak macam e money, namun sebagian orang masih belum memanfaatkan dengan benar fungsi dari e money dengan baik dan benar. Padahal jika bisa menggunakan fungsi tersebut akan banyak kemudahan yang akan didapatkan. Berikut fungsi e money beserta penjelasannya. 

1. Lebih praktis

Menggunakan e money dinilai lebih praktis. Alasannya tidak perlu lagi membawa uang tunai. Cukup hanya satu kartu akan membayar semua belanjaan. Selain itu tidak ribet mencari ATM jika membutuhkan uang tunai. Dan cara top up emoney sendiri cukup dengan melakukan tap di mesin khusus yang tersedia.di gerai-gerai ritel. Tidak perlu bingung ketika saldo di emoney habis ketika berbelanja, karena bisa langsung mengisi di supermarket terdekat atau melalui e-Banking. 

2. Transaksi lebih akurat

Setiap transaksi menggunakan e money akan dicatat oleh sistem khusus. Dan hebatnya sistem tersebut dirancang secanggih mungkin untuk meminimalisasi terjadinya error atau kesalahan. Sehingga kesalahan nominal atau jumlah harga bisa dihindari. Selain itu, tidak ada sisa uang pengembalian dalam bentuk permen atau snack yang sering dilakukan oleh minimarket. Dengan memakai e money, semua pembayaran belanjaan akan dibayar sesuai dengan harganya. Tidak dikurangi atau dilebihkan. 

3. Transaksi lebih cepat

Hampir semua transaksi yang menggunakan e money teegolong lebih cepat. Misalnya ketika membayar tol, hanya dengan tap e money bisa langsung keluar tol tanpa menunggu lagi. Berbeda jika menggunakan uang cash, harus menunggu petugas memgambil uang, menghitung kembalian, sampai memberikan uang kembalian. Lebih lama dibandingkan dengan menggunakan e money. 

4. Tidak perlu mengingat setiap pengeluaran 

Penggunaan e money sudah berbasis komputer. Oleh karena itu tidak perlu mengingat berapa banyak jumlah belanjaan yang sudah dikeluarkan. Sudah tidak perlu mengkoleksi kertas struk belanjaan. Karena sistem e money sudah mencatat semua transaksi yang sudah dilakukan secara akurat.  Mulai dari pengeluaran sampai pengisian saldo e money. 

Itulah keuntungan penggunaan e money. Ada berbagai macam bank sudah mengeluarkan kartu e money, salah satunya adalah Bank SinarMas. Cara top up e money dari bank ini juga terbilang mudah. Cukup isi melalui ATM terdekat atau minimarket. Lebih mudahnya bisa menggunakan aplikasi SimobiPlus. Yang bisa diakses melalui handphone. Bahkan transaksi apapun bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Mulai dari isi saldo, pembayaran tagihan, sampai belanja barang dari berbagai merchant. Gimana, mau mencobanya?