kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Dalam beberapa waktu mendatang, Indonesia tengah bersiap untuk menyambut kenormalan baru atau yang lebih akrab dikenal dengan “new normal”. Dengan begini, sektor pendidikan dan usaha perkantoran sedang sama sama bersiap untuk menyusun berbagai hal untuk beradaptasi menyikapi isu ini. Begitupun dengan mereka yang kuliah sambil kerja, harus siap dengan berbagai perubahan yang terjadi ketika memasuki fase new normal ini. 

New normal sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu cara agar masyarakat lebih dekat lagi dengan penggunaan teknologi secara online. Ini juga yang membuat mahasiswa sekaligus pekerja harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini. 

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus diperhatikan jika seseorang yang sedang kuliah namun tetap memutuskan untuk bekerja di tengah new normal ini? sebelum memulainya, ada baiknya untuk menyimak artikel singkat dari IDS Digital College berikut ini, antara lain: 

1. Siapkan fisik dan mental untuk menerima perubahan 

Langkah pertama yang harus dilakukan bagi Anda yang memilih untuk kuliah sambil bekerja di era new normal ini adalah menyiapkan fisik serta mental untuk benar-benar menerima setiap perubahan yang ada. Yang paling penting ialah menanamkan dalamn hati Anda bahwa perubahan ini tidak dapat dihindari, sehingga Anda juga harus berpartisipasi untuk membangun era baru yang lebih baik lagi. 

Dengan begini, Anda tidak akan menentang setiap keputusan atau kebijakan yang ditetapkan baik dari kampus, ataupun dari kantor Anda. Menerima perubahan ini berarti Anda juga harus siap untuk meninggalkan kebiasaan lama dan mulai menyiapkan diri untuk menghadapi pola baru kuliah sambil bekerja. Salah satu contoh yang paling nyata adalah beradapatsi dengan kuliah online yang akhir-akhir ini sedang marak dilakukan. 

2. Belajar adaptasi dengan lingkungan baru 

Setelah Anda meyakinkan diri dan menyiapkan mental serta fisik untuk menerima perubahan tersebut, maka sekarang saatnya untuk belajar beradaptasi dengan segala hal baru yang ada. Salah satunya seperti yang telah disebutkan diatas, yakni membiasakan diri dengan sistem perkuliahan online, ataupun sistem bekerja dari rumah “work from home” (WFH). 

Jika Anda sudah beradaptasi dengan berbagai hal baru yang ada, maka Anda pun bisa membuat skala prioritas yang baik ketika kuliah sambil kerja, termasuk untuk memberikan tanggung jawab penuh terhadap tugas tugas yang diberikan kepada Anda. 

Tak hanya itu, Anda pun juga harus dapat beradaptasi dengan rutinitas baru . Jika selama ini Anda sudah dapat membagi waktu yang tepat antara kuliah atau bekerja, maka dengan adanya perubahan besar ini semua rutinitas juga akan mengikuti pola baru. Jadi, Anda harus dapat membagi waktu kembali secara tepat, menjaga fisik, hingga mental Anda agar tetap dalam kondisi yang prima. 

3. Membangun kembali kerja sama 

Dengan adanya perubahan tentu dibutuhkan juga sebuah sistem yang baru dimana semua orang dituntut untuk saling bekerja sama, baik ketika bekerja ataupun saat sedang menghadapi perkuliahan. Sebagai contoh, Anda juga harus bekerja sama dengan rekan kerja Anda dan menyatakan bahwa Anda sedang mengikuti perkuliahan sambil bekerja, sehingga mereka memiliki pengertian dengan waktu yang Anda miliki. 

Begitupun sebaliknya, Anda harus menyampaikan kepada dosen ataupun rekan kuliah Anda bahwa Anda juga sedang bekerja. Dengan begini, baik pekerjaan ataupun perkuliahan Anda bisa berjalan bersama dengan peraturan yang baru di era new normal ini. 

Yang terpenting yang harus Anda ingat adalah bahwa Anda harus pintar dalam membagi waktu untuk urusan kuliah ataupun urusan pekerjaan ditengah situasi yang masih belum stabil seperti sekarang ini.  Jika Anda berminat untuk kuliah sambil kerja, dan ingin mengikuti perkuliahan jurusan teknik informatika, maka Anda pun bisa langsung bergabung bersama IDS College. Silahkan kunjungi website www.ids.ac.id untuk mendapatkan informasi selanjutnya, tentang cara perkuliahan di era new normal. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!