Berat Badan Ideal Anak
Berat Badan Ideal Anak

Tidak cuma orang dewasa saja yang harus mencapai berat badan yang ideal, Berat badan ideal anak pun juga wajib. Akan tetapi menghitung kalori serta berolahraga sampai mencapai titik lelah, ternyata bukan solusi yang efektif untuk menurunkan berat badan anak. Bahkan juga membatasi asupan kalori di masa pertumbuhan justru menimbulkan risiko bagi kesehatan anak. Anda tidak disaranankan untuk menerapkan diet seperti ini untuk mencapai berat bedan ideal anak, kecuali atas saran serta pengawasan dokter.

Lalu, bagaimana caranya untuk mencapai berat badan ideal anak? Simak tipsnya dalam daftar berikut ini.

berat badan ideal anak

  1. Siapkan bekal untuk anak sekolah

Sebagai orangtua, kalian mungkin bisa menemukan kendala ketika menerapkan pola makan sehat pada anak, terutama pada waktu pertengahan masa kanak-kanak. Sebagai contohnya anak tidak sempat sarapan karena takut datang terlambat pergi ke sekolah, atau juga anak memilih menu yang tidak sehat ketika di kantin sekolah.

Nah, tentunya kalian bertanggung jawab untuk menemukan solusi yang efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Apabila kantin sekolah tidak menawarkan sajian makanan sehat, bekali anak dengan makan siang  sehat setiap harinya.

  1. Sediakan camilan yang sehat

Setelah pulang sekolah biasanya itu anak akan langsung membuka lemari dan kulkas untuk mencari camilan. Sediakanlah berbagai pilihan camilan sehat, seperti buah- buahan yang segar, popcorn, biskuit gandum atau roti gandum tawar. Simpanlah makanan sehat ini di tempat yang mudah dijangkau anak, seperti ruang TV, di kulkas, di meja makan, di lemari makan dan lain sebagainya.

Jauhkan es krim, kue dan biskuit  dari jangkauan anak-anak, atau juga lebih baik lagi untuk tidak menyediakannya di dalam rumah. Jika kalian tidak membatasi akses anak ketika makan camilan seperti ini, kalian gagal mendukung anak untuk mendapat berat badan ideal yang sehat.

Itulah tadi 2 tips mencapai berat badan ideal anak. Yang tentunya tidak sulit untuk kalian para orangtua dalam mempraktekannya, semoga 2 point ini bisa memberikan wawasan kepada semua orangtua yang ingin anaknya tidak obesitas ataupun kekurusan.